PENAMBAHAN KONSENTRASI TEPUNG KEONG MAS (Pomacea canaliculata) DALAM PAKAN PELET TERHADAP BERAT BADAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus)

TOMTOM SOLEHUDIN, 125040183 (2017) PENAMBAHAN KONSENTRASI TEPUNG KEONG MAS (Pomacea canaliculata) DALAM PAKAN PELET TERHADAP BERAT BADAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Sampul.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B. Indo.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kuantitas berat badan ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) yang dialami oleh para petani ikan lele di daerah kecamatan Maniis, kabupaten Purwakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang Bagaimana pengaruh penambahan konsentrasi tepung keong mas (Pomacea canaliculata) dalam pakan pelet terhadap berat badan ikan lele dumbo (Clarias gariepinus). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL). Dalam penelitian ini dilakukan 6 perlakuan yang berbeda dengan salah satu perlakuan sebagai perlakuan kontrol. Perlakuan terdiri dari perlakuan A dengan komposisi pelet 70% : tepung keong mas 30%, B dengan komposisi pelet 60% : tepung keong mas 40%, C dengan komposisi pelet 50% : tepung keong mas 50%, D dengan komposisi pelet 40% : tepung keong mas 60%, E dengan komposisi pelet 30% : tepung keong mas 70%, F dengan komposisi pelet murni tanpa campuran tepung keong mas. Berdasarkan analisis dan uji hipitesis diketauhui bahwa taraf signifikansi adalah 0,093 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdap pengaruh yang signifikan dari perlakuan yang dilakukan. Dari keenam perlakuan diketahui bahwa perlakuan A dengan komposisi pelet 70% : tepung keong mas 30% adalah perlakuan yang paling baik hal ini dibuktikan dengan rata-rata penambahan bobot ikan lele selama 20 hari penelitian secara berurutan mencapai 16,26 gram. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah untuk menghindari kesalahan yang terjadi pada proses penelitian seperti yang terjadi pada penelitian ini sebagai mana yang telah diuraikan sebelumnya, maka peneliti menyarankan bagi agar pada penelitian selanjutnya dilakukan persiapan lebih matang. Kata Kunci: Konsentrasi tepung keong mas, berat badan ikan lele

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 31 Jan 2017 04:50
Last Modified: 31 Jan 2017 04:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15568

Actions (login required)

View Item View Item