PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG UBI JALAR PUTIH (Ipomoeabatatas L.) DENGAN TAPIOKA (Manihot utilissima POHL.) DAN LAMA PEMANGGANGAN TERHADAP KARAKTERISTIK FOOD BARS TUTUT (BELLAMNYA JAVANICA)

Inggi Wulan Suci, Alumni and Hasnelly, DS and Willy Pranata Wijadja, DS (2016) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG UBI JALAR PUTIH (Ipomoeabatatas L.) DENGAN TAPIOKA (Manihot utilissima POHL.) DAN LAMA PEMANGGANGAN TERHADAP KARAKTERISTIK FOOD BARS TUTUT (BELLAMNYA JAVANICA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
Bab 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mendapatkan perbandingan yang tepat antara tepung ubi jalar putih dengan tapioka dalam pembuatan food bars, serta mengetahui pengaruh lama pemanggangan sehingga menghasilkan food bars yang baik. Penelitian yang dilakukan meliputi penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yaitu analisis bahan baku tepung ubi jalar putih, yaitu uji kadar pati (Metode Luff Schoorl), serta uji kadar protein (Metode Kjedahl) pada tutut. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x3 dengan tiga kali pengulangan. Data analisis diolah dengan menggunakan analisis variansi (ANAVA) dan uji lanjut Duncan. Variabel yang digunakan terdiri dari perbandingan tepung ubi jalar putih : tapioka (T) yaitu 1:1 (T₁), 2:1 (T 2 ), 3:1 (T 3 ), dan lama pemanggangan (P) yaitu 15 menit (P₁), 20 menit (P₂), dan 25 menit (P₃). Hasil menunjukkan bahwa tepung ubi jalar putih yang digunakan dalam pembuatan food bars memiliki kadar pati sebesar 70,46% dan tutut memiliki kadar protein sebesar 10,82%. Perlakuan terpilih pada penentuan perbandingan tepung ubi jalar putih dengan tapioka berdasarkan uji organoleptik (uji hedonik) adalah pada perbandingan tepung ubi jalar putih dengan tapioka 1:1. Analisis yang dilakukan terdiri dari uji kimia, yaitu analisis kadar air (Metode Gravimetri), kadar pati (Metode Luff Schoorl), dan kadar protein (Metode Kjedahl), yaitu food bars dengan suhu pemanggangan 120 o C dan lama pemanggangan selama 25 menit dengan kadar air sebesar 6,83 %, kadar pati sebesar 36,88 % dan kadar protein sebesar 24,00 %. Kata kunci : food Bars, Ubi Jalar Putih, Tutut dan Tapioca.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 31 Jan 2017 04:11
Last Modified: 31 Jan 2017 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15544

Actions (login required)

View Item View Item