MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SUBTEMA PEKERJAAN ORANG TUAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IVD Semester II SDN Banjarsari Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung Tahun Pembelajaran 2016/2017)

Asri Dwy Nurachim, 125060962 (2017) MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SUBTEMA PEKERJAAN ORANG TUAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IVD Semester II SDN Banjarsari Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung Tahun Pembelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (817kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terdapat dalam pembelajaran di SDN Banjarsari, yaitu pembelajaran yang kurang optimal serta hasil belajar siswa yang belum maksimal yang disebabkan oleh (1) siswa masih kaget dengan sistem pembelajaran yang berlaku di Kurikulum 2013, (2) guru belum maksimal menerapkan model pembelajaran yang cocok untuk menuntut siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, (3) waktu terbatas di setiap pembelajarannya, (4) setiap hari materi berubah-ubah, (5) guru masih mengalami kendala dalam implementasi pendekatan scientific. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang bervariatif dan melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada sub tema pekerjaan orang tuaku. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam II siklus. Proses penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti sebagai mitra penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVD SD Negeri Banjarsari Bandung berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, angket, dan wawancara. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, tanggung jawab siswa pada siklus I memperoleh hasil sebesar 70%, siklus II sebesar 87%. Hasil belajar siswa yang di nilai dari tiga aspek yaitu aspek afektif (sikap) 74% pada siklus I, pada siklus II 83%. Aspek kognitif pada siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 66%, pada siklus II 90%. Aspek psikomotor pada siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 52% dan meningkat pada siklus II sebesar 93%. Berdasarkan hasil tersebut penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dan hasil belajar siswa di kelas IVD SDN Banjarsari Bandung. Kata kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), tanggung jawab, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 31 Jan 2017 04:08
Last Modified: 31 Jan 2017 04:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15541

Actions (login required)

View Item View Item