PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DAGANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Mirna Nurmalia, 125030129 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DAGANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAAK - INDONESIA.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 siap print.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 PRINT.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
BAB III PRINT FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
BAB IV print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan aktifitas alternatif untuk menangkap ide, gagasan, atau pikiran dalam mengekspresikan diri dari pengarang. Bagi sebagian besar orang, membaca menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan, karena apa yang dibaca dapat menambah wawasan yang luas. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Menulis Surat Dagang dengan menggunakan Model Mind Mapping pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi”. Permasalahan penelitian dalam hal ini sebagai berikut. (1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi dengan menggunakan model mind mapping? (2) Mampukah siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi mengikuti pembelajaran menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping? (3) Efektifkah model mind mapping pada pembelajaran menulis surat dagang pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi? Hipotesis yang penulis rumuskan sebagai berikut. (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimah. (2) siswa kelas XI mampu menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping. (3) model mind mapping tepat digunakan dalam pembelajaran menulis surat dagang pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi. Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah penulis lakukan, penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh penulis dalam persiapan pembelajaran mendapat nilai 3,57 dengan kategori sangat baik. 2. Siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi mampu menulis surat dagang dengan menggunakan model mind mapping Hal ini terbukti pada hasil nilai rata-rata pretes sebesar 29,8 dan nilai rata-rata postes 62. Peningkatan sebesar 32,2. Jadi, selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 32,2. 3. Model Mind Mapping tepat digunakan dalam pembelajaran menulis surat dagang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 15,96 ttabel 2,06 dengan tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Dengan demikan penulis menyimpulkan pembelajaraan menulis surat dgang dengan menggunakan model mind mapping menunjang keberhasian. Kata kunci : pembelajaran, menulis, surat dagang, mind mapping

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:40
Last Modified: 31 Jan 2017 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15532

Actions (login required)

View Item View Item