PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK AFFINITY GROUPING PADA SISWA KELAS VIII SMP BINA DHARMA 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Della Rizkiana Syahifa, 095030077 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK AFFINITY GROUPING PADA SISWA KELAS VIII SMP BINA DHARMA 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover skrips printi.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT b.inggris.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 print.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II print.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
BAB III print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] Text
BAB V print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAK1.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan kegiatan paling kompleks di antara keempat aspek berbahasa. Pada dasarnya, menulis hanya menuangkan ide, gagasan, dan pikiran kita ke dalam sebuah tulisan. Salah satu contoh sarana yang dapat digunakan untuk menuangkan ide gagasan yaitu menulis naskah drama. Teknik Affinity Grouping merupakan rangkaian kegiatan belajar yang melatih siswa memecahkan masalah tentang sesuatu hal secara berkelompok sehingga dapat memudahkan siswa mendapatkan ide-ide dalam menulis naskah drama satu babak. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah:1) Mampukah penulis merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis naskah drama berdasarkan pengalaman orang lain dengan menggunakan teknik Affinity Grouping pada siswa kelas VIII SMP Bina Dharma 3 Bandung tahun pelajaran 2016/2017 Mampukah siswakelas VIII SMP Bina Dharma Bina Dharma 3 Bandung menulis naskah drama satu babak dengan mengembangkan tema, alur, penokohan, latar, dan gaya bahasa yang tepat? 2) Tepatkah teknik Affinity Grouping dalam pembelajaran menulis naskah drama satu babak pada siswa kelas VIII SMP Bina Dharma 3 Bandung tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam mengajarkan pembelajaran menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan teknik affinityGrouping, mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Bina Dharma 3 Bandung dalam menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman orang lain dengan tema, alur, penokohan, latar, dangayabahasa yang tepat, dan mengetahui ketepatan teknik Affunity Grouping dalam menulis kreatif naskah drama satu babak. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan teknif affinity grouping pada siswa kelas VIII SMP Bina Dharma 3 Bandung. 2) Siswa kelas VIII SMP Bina Dharma 3 Bandung mampu menulis naskah drama dengan tema, alur, penokohan, latar, sudut pandang, dan gaya bahasa yang tepat. 3) Teknik Affinity Grouping tepat digunakan dalam pembelajaran menulis kreatif naskah drama satu babak pada siswa kelas VIII SP Bina Dharma 3 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre-eksperimen dengan teknik penelitian uji coba, tes, dan tes analisis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis mengambil simpulan sebagai berikut. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan teknik affinity grouping pada siswa kelas VIII SMP Bina Dharma 3 Bandung. Terbukti berdasarkan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,7 dan nilai rata-rata 3,7 dengan kategori baiksekali (A). Siswa kelas VIII SMP Bina Dharma 3 Bandung, mampu menulis kreatif naskah drama satu babak dengan menggunakan teknik affinity groping. Terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 49,1 dan rata-rata postes 77,5. Peningkatannya sebesar 28,4.Teknik affinity grouping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama. Terbukti dari hasil perhitungan statistik berdasarkan uji t yang menunjukkan t hitung t tabel yaitu 10,6 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5%, dan derajat kebebasan 17.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:40
Last Modified: 31 Jan 2017 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15525

Actions (login required)

View Item View Item