PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI RANGKA MANUSIA ( Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Ekapraseti a Kp. Sukaj adi Ds. W e ning galih Kec. Sindangkerta Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran 2016 /2017 ) SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar oleh DIAN FAJAR NUGRAHA 11 5060 156 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2017

DIAN FAJAR NUGRAHA, 11 5060 156 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI RANGKA MANUSIA ( Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Ekapraseti a Kp. Sukaj adi Ds. W e ning galih Kec. Sindangkerta Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran 2016 /2017 ) SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar oleh DIAN FAJAR NUGRAHA 11 5060 156 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
abstrak (indonesia).pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak (Inggris).pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak (sunda).pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Oleh Dian Fajar Nugraha 115060156 Penelitian Tindakan Kela s ini dilaksanakan di SD Negeri Ekaprasetia dengan subjek penelitian adalah kelas IV. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Pada penelitian ini, peneliti mengambil materi rangka manusia dengan meng gunakan model problem based learning dalam pembelajarannya. Penei li tian dilakakuan sebanyak dua siklus dengan tiga peretemuan pada setiap siklusnya. Objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ekaprasetia dengan jumlah 28 orang yang terdiri atas 10 la ki - laki dan 18 orang perempuan, adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah lembar kerja siswa dan lembar evaluasi hasil belajar siswa. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar instrument dan hasil wawancara. Da ri hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning mengalami pen ingkatan dalam setiap siklusnya. Utnuk persentase peningkatan akivitas belajar siswa pada siklus I sebes ar 45% siswa aktif, dan pada siklus II 90% siswa aktif, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 57%, dan pada siklus II sebesr 89% . Nilai rata - rata dalam hasil belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya pada siklus I n ilai rata - rata sebesar 68 ( cukup ), pada siklus II nilai rata - rata sebesar 78 (baik) . Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan model p roblem based learning pada pembelajaran IPA dalam materi rangka manusia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model problem based learning dalam pembelajaran IP A mengenai rangka manusia .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 31 Jan 2017 04:50
Last Modified: 31 Jan 2017 04:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15512

Actions (login required)

View Item View Item