UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL RECIPROCAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PPKN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Hakikat Bangsa dan Negara Pada Kelas X-1 SMA Darmayanti Cimaung Kab. Bandung)

YENI HANDAYANTI, 125010004 (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL RECIPROCAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PPKN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Hakikat Bangsa dan Negara Pada Kelas X-1 SMA Darmayanti Cimaung Kab. Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Model Reciprocal Learning, mengenai materi hakikat bangsa dan negara, keatifan belajar siswa. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada semester ganjil dalam bulan Agustus sampai September selama 5 kali pertemuan dengan jumlah yang pertama 2 jam pelajaran, yang kedua 4 jam pelajaran dan yang ketiga 4 jam pelajaran dengan pertimbangan meminjam mata pelajaran yang lain, karena kekurangan jam. Jumlah siswa yang menjadi subyek sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan, penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklud terdiri dari 4 penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran model reciprocal learning ditentukan : (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam kerja kelompok, (2) meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran ppkn, (3) tindakan yang diberikan dalam bentuk tugas diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerjasama didalam kelompok dan menjadikan pembelajaran lebih berpusat kepada siswa, (4) guru berperan sebagai fasilitator dan motivator, (5) tindakan yang berupa dengan pemberian tugas mempresentasi baik di kelompok asal maupun tugas didepan kelas, dapat meningkatkan kemampuan siswa menguasai materi pembelajaran hakikat bangsa dan negara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan model reciprocal learning dapat dipakai untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam menguasai materi hakikat bangsa dan negara. Serta penelitian dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran berpusat pada siswa (student Center) dan guru sebagai fasilitator dan motivator.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:44
Last Modified: 31 Jan 2017 02:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15511

Actions (login required)

View Item View Item