ELISYA MAESAROH, 095060100 (2017) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV PADA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN KEGIATAN EKONOMI (Penelitian Tindakan Kelas Dengan Topik Bah asan Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Culamega Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung) SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar ELISYA MAESAROH 095060100 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DA N ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2015. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA OK.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil ulangan harian siswa secara klaikal masih dibawah standar KKM pa da mata pelajaran IPS pada topik bahasan sumber daya alam dan kegiatan ekonomi. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kecenderungan siswa bosan dalam meengikuti pembelajaran. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa diterapkan pembelajaran kontekstu al dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning sebagai alternatif pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil pembelajarn siswa dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran IPS d engan topic bahasan Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi pada kelas IV SDN Cikoneng. Objeknya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Cikoneng Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis d an Taggart. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar evaluasi, lembar observsi, lembar penilaian RPP dan pelaksanaan pembelajaran, dan prosedur yang terbagi dalam dua tahap kegiatan pada satu putaran (siklus), yaitu : perencanaan – tindakan dan obs ervasi – refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa di setiap siklus mengalami peningkatan dalam mencapai KKM, yaitu pada siklus I jumlah nilai dari 31 siswa diperoleh hasil mencapai 2.145 dan nilai rata - rata 69,2 dengan nilai persent ase 69%, pada siklus ke II jumlah nilai dari 31 siswa diperoleh hasil mencapai 2.470 dan nilai rata - rata 79,7 dengan persentase nilai 80%. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, dengan menerapkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning hasil belaj ar siswa pada mata pelajaran IPS dapat meningkat. K ata Kunci : K ontekstual, CTL,
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 31 Jan 2017 03:39 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 03:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15506 |
Actions (login required)
View Item |