PENGGUNAAN MODEL INKUIRI DENGAN MEDIA FILM DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS V SDN PASEH 2 KECAMATAN PASEH, KABUPATEN SUMEDANG (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Paseh 2 Kec. Paseh Kab. Sumedang Tahun Ajaran 2015/2016)

FAJAR MUHAMAD, 115060350 (2017) PENGGUNAAN MODEL INKUIRI DENGAN MEDIA FILM DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS V SDN PASEH 2 KECAMATAN PASEH, KABUPATEN SUMEDANG (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Paseh 2 Kec. Paseh Kab. Sumedang Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK sunda.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemampuan menyimak pelajaran pada siswa kelas V SDN Paseh 2 yang rendah pada pelajaran bahasa Indonesia dikarenakan proses belajar mengajar yang kurang menarik, sehingga membuat kemampuan menyimak siswa rendah. Rumusan masalah yang akan diteliti meliputi kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 sebelum menggunakan media film dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat, langkah-langkah penggunaan model dan media, serta kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 setelah menggunakan model inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 sebelum menggunakan model inkuiri dengan media film dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat, langkah-langkah penggunaan model inkuiri dan media dalam pembelajaran, serta kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 setelah menggunakan model inkuiri dengan media film. Metode penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Objek dari penelitian adalah siswa kelas V SDN Paseh 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah lembar tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian pada tahap pra siklus yaitu 80% siswa belum tuntas, dan 20% siswa sudah tuntas. Hasil dari aktivitas siswa pada siklus I ada 5 siswa dan siklus II ada 31 siswa yang dinyatakan tuntas. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 78% dan siklus II 93%, sedangkan hasil tes menyimak pelajaran dari siswa kelas V SDN Paseh 2 pada siklus I mencapai 40% yang tuntas dan siklus II mencapai 83% yang tuntas. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model inkuiri dinyatakan berhasil. Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri, kemampuan menyimak, media film.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:27
Last Modified: 31 Jan 2017 02:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15495

Actions (login required)

View Item View Item