PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Kelas IV SDN Rawasari Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat)

Neng Astie Astuti K, 125060159 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Kelas IV SDN Rawasari Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER AKA.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSRAK INDONESIA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (479kB)
[img] Text
bab III acc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema bersyukur atas keberagaman kelas IV SDN Rawasari Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat”. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran ini yaitu kurangnya rasa percaya diri siswa yang terindikasi dari kurang berani tampil didepan kelas, tidak berani mengemukakan pendapat dan enggan untuk bertanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh presentase 83% dan siklus II 97%. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh 78% dan siklus II 97%. Adapun nilai hasil rasa percaya diri memperoleh presentase siklus I 60% dan siklus II 89%. Untuk hasil belajar yang terdiri dari hasil afektif, kognitif dan psikomotor memperoleh presentase siklus I afektif 70% dan siklus II 89%, kognitif siklus I 60% dan siklus II 89%, psikomotor siklus I 60% dan siklus II 100. Adapun hambatan dalam pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning adalah siswa kurang aktif dalam memecahkan suatu permasalahan dalam kegiatan berdiskusi dengan kelompoknya. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah memberikan tugas kelompok dan setiap kelompok membagi tugas pada setiap anggotanya sehingga setiap siswa akan memberikan pendapatnya dalam diskusi kelompok. Dengan demikian penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk dapat diterapkan pada pembelajaran lainnya. Guru sebaiknya dalam melaksanakan proses belajar mengajar menerapkan model Problem Based Learning. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Rasa Percaya Diri, Hasil Belajar Siswa, Hambatan dan Upaya

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 31 Jan 2017 01:55
Last Modified: 31 Jan 2017 01:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15489

Actions (login required)

View Item View Item