PENERAPAN MODEL COOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS TOKOH - TOKOH SEJARAH PADA MASA KERAJAAN HINDU - BUDDHA DAN ISLAM DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas Pada siswa Kelas 5 SDN 6 Ci kidang Lembang Tahun aj aran 2016/2017 ) SKRIPSI D iajukan u ntuk m emenuhi salah satu s yarat m emperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Oleh: Leni marlina 125060006 PROGRAM STUDI P ENDIDIKAN G URU S EKOLAH D ASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNI VERSITAS PASUNDAN BANDUNG 20 1 7

Leni marlina, 125060006 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS TOKOH - TOKOH SEJARAH PADA MASA KERAJAAN HINDU - BUDDHA DAN ISLAM DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas Pada siswa Kelas 5 SDN 6 Ci kidang Lembang Tahun aj aran 2016/2017 ) SKRIPSI D iajukan u ntuk m emenuhi salah satu s yarat m emperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Oleh: Leni marlina 125060006 PROGRAM STUDI P ENDIDIKAN G URU S EKOLAH D ASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNI VERSITAS PASUNDAN BANDUNG 20 1 7. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi revisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abastrak b.Inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak. b.sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dartar pistaka 123.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model make a match dalam pembelajaran IPS pada materi tokoh - tokoh sejarah pada m asa kerajaan Hindu - Buddha dan Islam di Indonesia . Penelitian tindakan kelas dilaks anakan di kelas V SDN 6 Cikidang . Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas V SDN 6 Cikidang yang susah dalam menyerap pembelajaran atau materi didalam p embelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan model - model pembelajaran yang lain khususnya model make a match belum pernah dilaksanakan . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengg unakan sistem siklus yang terdiri dari perencana an , pelaksanaan, observasi , analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran make a match yang te rdiri dari 5 tahap yaitu 1. Merumuskan Masalah, 2. Merumuskan jawaban sementara (hipotesis), 3.Menguji jawaban tentative, 4. Menarik kesimpulan, 5.Menerapkan kesimpulan dan generalisasi. Teknik eva luasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas siswa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Hal tersebut dapat dil ihat dari nilai rata - rata peningkata n hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II , yaitu pada siklus I 75 ,89 dengan kategori baik , siklus II 83,78 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah , bahwa penggunaan mo del pembelajaran make a match sangat menunjang terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi tokoh - tojkoh sejarah pada masa kerajan Hindu - Buddha dan Islam di Indonesia di kelas V Sekolah D asar. Dengan dem ikian, penggunaan model make a match dapat d ijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IP S . Kata kunci : Cooperatif Learning,Make a match , Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:40
Last Modified: 31 Jan 2017 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15487

Actions (login required)

View Item View Item