PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS, PRODUKTIVITAS DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

WAHDY ANDIKA, 124020195 (2016) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS, PRODUKTIVITAS DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
SUP COVER DIKA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK DIKA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIKA-1 REVISI 2.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIKA PUSTAKA 2.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lemb pengesahan.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Intellectual Capital terhadap profitabilitas, produktivitas, dan pertumbuhan perusahaan. Sampel penelitian ini adalah Perusahaan Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui data sekunder dengan cara pengambilan data laporan keuangan di Bursa Efek Indonesia. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, analisis regresi berganda, analisis korelasi, pengujian hipotesis, serta analisis koefisen determinasi. Banyaknya populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 12 perusahaan, sedangkan teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat dilihat bahwa secara parsial value added capital employed (VACA) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas sebesar 7,1%, berpengaruh signifikan terhadap produktivitas perusahaan sebesar 47,5%, dan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan. Value added human capital (VAHU) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, tidak berpengaruh terhadap produktivitas perusahaan, dan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan. Structural capital value added (STVA) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas sebesar 9,5%, tidak berpengaruh terhadap produktivitas perusahaan, dan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan. Secara simultan komponen-komponen intellectual capital (physical capital, human capital dan structural capital) berpengaruh terhadap profitabilitas dengan kontribusi 21,3%, berpengaruh terhadap produktivitas dengan kontribusi 56,7%, dan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan dengan kontribusi yang sangat rendah yakni 5,3% Kata Kunci: Intellectual Capital, Profitabilitas, Produktivitas, Pertumbuhan Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 30 Jan 2017 11:58
Last Modified: 30 Jan 2017 11:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15476

Actions (login required)

View Item View Item