PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Suatu Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

NADIA HENDRAWATI, 134020113 (2016) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Suatu Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAA1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka skripsi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengungkapan intellectual capital merupakan salah satu cara dalam meningkatkan akuntabilitas perusahaan terhadap para investor maupun pihak yang berkepentingan. Selain untuk meningkatkan akuntabilitasnya, perusahaan yang mengungkapkan intellectual capitalnya berupaya agar public, maupun pihak yang berkepentingan semakin percaya dan memberikan hal positif terhadap perusahaan. Pengungkapan intellectual capital ini mencakup tentang karyawan, pengalaman karyawan, pendidikan, pelatihan, teknologi, pengetahuan, loyalitas pelanggan, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap pengungkapan intellectual capital dan dampaknya terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria: Perusahaan yang secara berturut-turut terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2011-2015 dan Perusahaan pertambangan yang menerbitkan annual report secara lengkap dan berturut-turut pada periode 2011-2015. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Metode Deskriptif adalah metode penelitian yang dilakukan untuk mengetahui keberadaan nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain. Sedangkan Metode Verifikatif adalah metode penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kausalitas (hubungan sebab akibat) antar variabel melalui suatu pengujian hipotesis menggunakan suatu perhitungan statistik sehingga di dapat hasil pembuktian yang menunjukkan hipotesis ditolak atau diterima. Pengujian yang digunakan terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi, anaisis determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan intellectual capital. Leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan intellectual capital, profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan intellectual capital. Secara simultal ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan intellectual capital. Pengungkapan intellectual capital tidak berpengaruh terhadap pengungkapan intellectual capital. Ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan intellectual capital dan dampaknya terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Pengungkapan Intellectual Capital, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 30 Jan 2017 11:07
Last Modified: 31 Jan 2017 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15472

Actions (login required)

View Item View Item