MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MATERI PERMASALAHAN YANG MELIBATKAN UANG DIKELAS IV SDN PASIGARAN SKRIPSI Diajukan untuk memenuhi Salah Satu Syarat Meproleh Gelar Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar oleh ENCEP JENDI MUTAQIN NPM 125060269 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2016

ENCEP JENDI MUTAQI, 125060269 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MATERI PERMASALAHAN YANG MELIBATKAN UANG DIKELAS IV SDN PASIGARAN SKRIPSI Diajukan untuk memenuhi Salah Satu Syarat Meproleh Gelar Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar oleh ENCEP JENDI MUTAQIN NPM 125060269 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
abstrak bhs indonesia.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bhs inggris.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ENCEP JENDI MUTAQIN 125060269 Pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran yang menuntut siswa untuk mampu memecahkan masalah. Pemecahan masalah menjadi kunci sukses peserta didik untuk dapat menyelesaikan masalah - masalah didalam kehidupan sehari - hari. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsi kan perencanaan pembelajaran matemtaika pada materi permasalahan yang melibatkan uang melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. (2) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran matematika pada materi permasal ahan yang melibatan uang. (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam matapelajaran matematika pada materi permasalahan yang melibatkan uang. Menurut metodenya penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan teknis analisis data yang dig unakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Pasigaran tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes pilihan ganda dan tes uraian. Berdasarkan analisis data has il penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) perencanaan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasil masalah pada mata pelajaran matematika dengan materi permasalahan yang melibatkan uang kelas IV SDN Pasigaran menunjukan bahwa pada siklus II dalam kategor i “Sangat Baik”. (2) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV SDN Pasigaran menunjukan bahwa pada siklus II dalam kategori “Baik”. (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi p ermasalahan yang melibatkan uang kela IV SDN Pasigaran menunjukan peningkatan dengan nilai rata - rata pada siklus II yaitu 83,03 dan dalam persentase yaitu 100%. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, matematika, permasalahan yang melibat kan uang.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:40
Last Modified: 31 Jan 2017 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15456

Actions (login required)

View Item View Item