PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNT UK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN CIHEULANG 1 KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas pada Mata pelajaran IPS materi Kenampakan Alam dan Keragaman Lingkungan) SKRIPSI Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Oleh: YAYU ERNA NPM 125060027 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVER SITAS PASUNDAN BANDUNG 201 6

YAYU ERNA, 125060027 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNT UK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN CIHEULANG 1 KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas pada Mata pelajaran IPS materi Kenampakan Alam dan Keragaman Lingkungan) SKRIPSI Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Oleh: YAYU ERNA NPM 125060027 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVER SITAS PASUNDAN BANDUNG 201 6. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi AYU baru.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI YAYU OK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI YAYU OK.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DaftarPustaka Bab yayu.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa melalui model Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS pada Materi Kenampakan Alam dan Keragaman Lingkungan . Penelitian tindakan kelas dilaks anakan di kelas I V SDN Ciheulang 01 . Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Ciheulang 01 yang kurang memiliki sikap kerjasama saat proses pembelajaran berlangsung da n hasil belajar yang belum mencapai KKM dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis d an refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning yang terdiri dari 6 tahap yaitu 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa , 2. Menyajikan informasi, 3.Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok – kelompok belajar, 4. Membimbing kelompok belajar , 5. Evaluasi, 6. Memberikan penghargaan. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian i ni adalah teknik tes . Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata - rata peningkatan kemampuan sikap ker jasama dan hasil belajar siswa dari data awal sebelum pelaksanaan siklus sampai siklus I I, yaitu data awal sebelum pelaksanaan siklus muncul sikap kerjasama 37% dengan kategori cukup, siklus I 70% d engan kategori baik dan siklus II 95% dengan kategori san gat baik dan data awal sebelum pelaksanaan siklus hasil belajar adalah 58,7 siklus I 77,33% dengan nilai akhir 3,09 dan siklus II 86,67% dengan nilai akhir 3,47% Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Coo perative Learning tipe Jigsaw sangat menunjang terhadap peningkatan kemampuan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Keragaman Lingkungan di kelas I V SDN Ciheulang 01 . Dengan demikian, penggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS . Kata kunci : Cooperative Learning, Jigsaw, Kerjasama, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:39
Last Modified: 31 Jan 2017 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15451

Actions (login required)

View Item View Item