PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MACAM - MACAM SUMBER ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Macam - macam Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV SDN Ciheulang 1 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung )

M ELLIA INDRIANI, 125060043 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MACAM - MACAM SUMBER ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Macam - macam Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV SDN Ciheulang 1 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD DALAM MENULIS KEGIATAN SEHARI - HARI PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DI RUMAH (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II Semester I S DN Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 ) Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SD tentang menulis kegiatan sehari - hari pada subtema “Hidup Rukun di Rumah” di SDN Sukajaya. Tujuan penelitian adalah u ntuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran student team achievem ent division ; u ntuk meningkatkan motivasi belajar siswa ; u ntuk meningkatkan hasil belajar yang optimal. P enelitian ini dilatar belakangi oleh metode penyampaian materi yang terpusat pada guru sementara siswa cenderung pasif , upaya yang dilakukan adalah me laksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajar a n STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dampak dari pengguna an model pembelajaran STAD tersebut diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga mampu meningkatkan prestasi belajarnya. Metode penelitia n yang digunakan adalah metode P enelitian T indakan K elas. P TK ini terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan yang dilaksanakan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis ti ndakan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Sukajaya. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu pedoman observasi, hasil tes , dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari perbandingan respons yang diberikan siswa pada siklus I yaitu 74,80% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,02%. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebanyak 14,22%. Pada hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan. Ha l ini dapat terlihat dari hasil belajar siswa dari pra siklus dengan nilai rata - rata mencapai 65,19 ke siklus I meningkat sebesar 0,54 menjadi 65,73 dan dilanjutkan pada siklus II yang meningkat 15,61 menjadi 81,34. S impulan penelitian menun j u kk an bahwa pe nggunaan model pembelajaran STAD mempunyai konstribusi positif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis kegiatan sehari - hari pada subtema “Hidup Rukun di Rumah” di kelas II SDN Sukajaya . Kata kunci : Model p embelajaran , Student Team Achievement Division , motivasi b elajar, h asil b elajar .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:39
Last Modified: 31 Jan 2017 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15448

Actions (login required)

View Item View Item