PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGENAI MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD Negeri Gentra Masekdas Bandung)

ADE AHMAD JAENUL HAQ, 125060252 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGENAI MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD Negeri Gentra Masekdas Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK IDONESIA.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
dptr pustka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe picture and picture pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Gentra Maksedas dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model cooperative learning tipe picture and picture. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Keesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian hasil belajar siklus 1 rata-rata nilai mencapai 56.25 sedangkan penilaian hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 64,58 Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia di kelas V SDN Gentra Maksedas Dengan demikian, penggunaan model cooperative learning tipe picture and picture dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: cooperative learning tipe picture and picture, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:54
Last Modified: 30 Jan 2017 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15441

Actions (login required)

View Item View Item