PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Lengkong Besar 105/85 Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 )

YULIANA WALI ATE, 125060334 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Lengkong Besar 105/85 Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_bahasa_sunda.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bing.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
bab 4 siklus 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
bab 4 siklus 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka_skripsi.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas III B SDN Lengkong Besar 105/85 Kota Bandung yang dilatarbelakangi dengan keadaan siswa yang kurang percaya diri dan hasil belajar yang masih di bawah KKM. Berdasarkan observasi yang dilakukan bahwa pembelajaran yang dilakukan sebelumnya bersifat Teacher Center dan cenderung monoton serta tidak melibatkan siswa sehingga siswa kurang berani untuk berpendapat. Desain penelitian ini menggunakan model PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Discovery Pada Subtema Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 3 pembelajaran pada setiap siklusnya. Pada tiap siklus mengalami peningkatan dibuktikan dengan pencapaian hasil nilai rata-rata siswa pada setiap siklus. Hasil belajar diantaranya pada ranah afektif siklus I nilai rata-rata sebesar 68% dan siklus II 87%, Ranah kognitif siklus I yaitu 74% dan siklus II 91%, dan psikomotor siklus I yaitu 65% dan siklus II 91%. Sikap percaya Diri siklus I yaitu 57% dan siklus II 87%. Adapun hambatan dalam menerapkan model pembelajaran Discovery adalah siswa tidak berani untuk ke depan. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah memberi motivasi dan tidak menyebutkan kekurangan siswa tapi memuji sehingga anak tetap berani dan tidak minder. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III B SDN Lengkong Besar 105/85 pada subtema Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery, Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar, Hambatan dan Upaya

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:31
Last Modified: 30 Jan 2017 07:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15428

Actions (login required)

View Item View Item