PENGGUNAAN DEMONSTRATION BASED STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BIOSAFETY

ROSE DESY NURKARTIKA, 125040070 (2017) PENGGUNAAN DEMONSTRATION BASED STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BIOSAFETY. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 JUDUL.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 ABSTRACT.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 BAB I .pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text
08 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
09 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img]
Preview
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi di SMA Pasundan 7 Bandung yang masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan media power point, dan tidak dilakukannya penilaian terhadap hasil belajar siswa pada konsep biosafety atau keselamatan kerja di laboratorium. Oleh karena itu, pembelajaran menjadi pasif, pengetahuan siswa dan keterampilan siswa dalam penggunaan alatalat laboratorium masih rendah. Salah satu dari metode pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu metode demonstrasi berbasis student facilitator and explaining. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode demonstrasi berbasis Student Facilitator and Explaining (SFE) pada konsep biosafey dengan parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa (kognitif) sebagai data utama serta (afektif) dan (psikomotor) sebagai data penunjang. Metode penelitian yang digunakan adalah Preexperimen dengan desain penelitian One grup pretest-posttest. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X SMA Pasundan 7 Bandung, dan untuk sampel menggunakan 1 kelas yaitu kelas X MIA 1 sebanyak 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 37,95 dan rata-rata nilai posttest sebesar 82,25. Berdasarkan uji t diperoleh hasil yang signifikan karena thit 15,64 > ttabel 2,81. Nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,69 yang termasuk kategori sedang. Skor total afektif siswa sebesar 3,68 dan psikomotor siswa sebesar 3,76 yang termasuk kategori A. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi berbasis Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Metode pembelajaran, demonstrasi, student facilitator and explaining, biosafety, keselamatan kerja di laboratorium, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:23
Last Modified: 30 Jan 2017 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15426

Actions (login required)

View Item View Item