PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas pada tema Indahnya Kebersamaan, Subtema Bersyukur Atas Keberagaman di Kelas IV Semester 1 SDN Kopo Elok Kota Bandung)

Deni Ahmad Fauzi, 125060254 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas pada tema Indahnya Kebersamaan, Subtema Bersyukur Atas Keberagaman di Kelas IV Semester 1 SDN Kopo Elok Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSRTAK Sunda.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Inggris.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, dalam penyajian proses pembelajaran Tematik terlihat masih monoton dimana guru masih mendominasi pembelajaran sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih kurang. Selain faktor pengelolaan kelas, kendala yang lain adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat yaitu guru menggunakan model pembelajaran ceramah yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran dan siswa hanya sebagai pendengar sehingga menimbulkan pembelajaran yang pasif juga membosankan. Begitu juga respon siswa kurang senang dengan gaya mengajar guru yang pada akhirnya hasil belajar siswa rendah. Adapun model penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaan penelitian dilakukan dua siklus yang mana pada setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan diantaranya pre test, post test, lembar kerja kelompok, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Penelitian ini bertujuan menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik di kelas IV SDN Kopo Elok, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung dengan menggunakan model Inquiry terbimbing. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry terbimbing dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dengan persentase 89,3% dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklus yaitu pada siklus I rataratanya 78 dan pada siklus II rata-ratanya mencapai 82,5. Hasil tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran inquiry terbimbing dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry terbimbing dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas IV . Kata kunci: inquiry terbimbing, percaya diri, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 06:54
Last Modified: 30 Jan 2017 06:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15414

Actions (login required)

View Item View Item