PEMBELAJARAN MENGKLASIFIKASI STRUKTUR TEKS CERITA PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SKIPPING AYUNAN VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PAGADEN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PITRA FIRMANSYAH, 125030056 (2017) PEMBELAJARAN MENGKLASIFIKASI STRUKTUR TEKS CERITA PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SKIPPING AYUNAN VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PAGADEN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Bahasa adalah sarana untuk berkomunikasi antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Bahasa juga merupakan cerminan prilaku seseorang. Pembelajaran merupakan suatu proses perubahan tingkah laku individu dalam interaksi dirinya dengan lingkungannya. Berbicara menyampaikan gagasan dan perasaan dalam bentuk lisan. Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Penulis melakukan penelitian dengan judul“Pembelajaran Mengklasifikasi Struktur Teks Cerita Prosedur dengan Menggunakan Teknik Skipping Ayunan Visual Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pagaden Subang Tahun Pelajaran 2016/20176.” Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan menggunakan teknik skipping ayunan visual? (2) Mampukah siswa kelas VIII melaksanakan pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan tepat? (3) Efektifkah teknik skipping ayunan visual digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, menilai pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan menggunakan teknik skipping ayunan visual. (2) Siswa mampu mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan tepat. (3) Teknik skipping ayunan visual efektif digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur. Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan hal-hal sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan menggunakan teknik skipping ayunan visual di kelas VIII SMPN 3 Pagaden Subang. Hal ini terbukti dari hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan menggunakan teknik skipping ayunan visual guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun hasil penilaian perencanaan pembelajaran penulis yaitu 3,6 dengan kategori sangat baik (A). 2. Siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden Subang mampu mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan menggunakan teknik skipping ayuann visual. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes yaitu0,95, sedangkan nilai rata-rata postes 3,32. Jadi, selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 2,37. 3. Teknik skipping ayunan visual efektif digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur pada siswa kelas VIII. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil yang menunjukkan > , yaitu 19,4 > 2,06 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 24. Dengan demikian, teknik skipping ayunan visual efektif digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur di kelas VIII B SMPN 3 Pagaden Subang. Kata kunci: Struktur teks prosedur, teknik skipping ayunan visual, teks cerita prosedur

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 06:32
Last Modified: 30 Jan 2017 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15402

Actions (login required)

View Item View Item