PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PARADIGMA KRITIS PADA SISWA KELAS X SMK PAKUAN LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RINI NUR ANGGRAENI KUSNADI, 125030002 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PARADIGMA KRITIS PADA SISWA KELAS X SMK PAKUAN LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I RINI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II RINI.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III RINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
16. BAB IV RINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V RINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Menganalisis dalam Kurikulum 2013 merupakan keterampilan menulis. Hal tersebut merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Metode paradigma kritis merupakan metode peserta didik untuk bekerja secara individu.Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran menganalisis teks anekdot dengan menggunakan metode paradigma kritis pada siswa kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat tahun pelajaran 2016/2017. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah:1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, menilai pembelajaran menganalisis teks anekdot dengan menggunakan metode Paradigma Kritis pada siswa kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat? 2) Mampukah peserta didik kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat menganalisis teks anekdot berdasarkan struktur, ciri kebahasaan dan kaidah penulisan? 3) Efektifkah metode Paradigma Kritisditerapkan dalam pembelajaran menganalisis teks anekdot pada peserta didik kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis, dan peserta didik, serta keefektifan metode paradigm kritis. Hipotesis yang penulis rumuskan adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis teks anekdot dengan menggunakan metode paradigma kritis pada siswa kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat. 2) Peserta didik kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat mampu menganalisis teks anekdot berdasarkan struktur, ciri kebahasaan dan kaidah penulisan. 3) Metode paradigma kritis efektif digunakan dalam pembelajaran menganallisis teks anekdot pada siswa kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre-eksperimenjenis one group pretest posttest design dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis teks anekdot dengan menggunakan metode paradigma kritis pada peserta didik kelas SMK Pakuan Lembang Bandung Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,69 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik (A); 2) Peserta didik kelas X TKJ SMK Pakuan Lembang Bandung Barat mampu menganalisis teks anekdot. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 2,26 dan nilai rata-rata postes3,44 atau peningkatan sebesar 1,17 %; 3) Metode paradigma kritis efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis teks anekdot. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik t hitung ≥ t tabelyaitu 53,1 > 1,76 dalam tingkat kepercayaan 95 % dengan taraf signifikan 5 % dan derajat kebebasan 24. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan metode paradigma kritisefektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis teks anekdot pada peserta didik kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat. Kata Kunci: Menganalisis, teks anekdot, metode paradigma kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 06:24
Last Modified: 30 Jan 2017 06:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15397

Actions (login required)

View Item View Item