MENINGKATKAN SIKAP TELITI DAN HASlL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM OPERASI HITUNG CAMPURAN (Penelitian Tindakan Kelas pada pelajaran Matematika terhadap siswa kelas II SDN Cihideung Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2015 – 2016)

Nurlaela, 125060309 (2017) MENINGKATKAN SIKAP TELITI DAN HASlL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM OPERASI HITUNG CAMPURAN (Penelitian Tindakan Kelas pada pelajaran Matematika terhadap siswa kelas II SDN Cihideung Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2015 – 2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.Indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya sikap teliti dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan sikap teliti dan hasil belajar dengan menggunakan Model Problem Based Learning pada pelajaran matematika materi operasi hitung campuran. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada tiap siklus menggunakan empat tahap penelitian yaitu, perencanaaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II yang berjumlah 35 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini mencapai hasil yang maksimal dibuktikan dengan pencapaian hasil nilai rata rata siswa pada setiap siklusnya meningkat. Sikap teliti siswa pada siklus I jumlah siswa yang telah tuntas mencapai KKM sebanyak 27 orang atau sebesar 77% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 8 orang atau sebesar 23%. Pada siklus II jumlah siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 30 orang atau sebesar 86% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 5 orang atau sebesar 14%. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang telah tuntas mencapai KKM sebanyak 26 orang atau sebesar 74% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 9 orang atau sebesar 26%. Pada siklus II jumlah siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 32 orang atau sebesar 91% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 3 orang atau sebesar 9%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap teliti dan hasil belajar siswa kelas II SDN Cihideung pada pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran. Kata kunci: Model Problem Based Learning, sikap teliti, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:02
Last Modified: 30 Jan 2017 04:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item