PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MACAM-MACAM PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Tilil 3 Bandung)

SYAFRIANI HASMARITA, 125060090 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MACAM-MACAM PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Tilil 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER ANI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Ingris.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Tilil 3 Bandung yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas pada subtema macam-macam peristiwa dalam kehidupan dengan menggunakan model Discovery Learning. Keadaan siswa yang kurang memiliki sikap percaya diri dan pada hasil belajar yang mencakup aspek afektif, kognitif, dan psikomotor masih banyak yang di bawah KKM karena guru yang seRing menggunakan satu metode cenderung monoton dan belum menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan pembelajaran pada setiap siklusnya digunakan teknik evaluasi yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan persentase sikap percaya diri siswa pada siklus I 64,8% dan meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 63,9% meningkat menjadi 85,5%. Adapun hambatan dalam pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning adalah pada saat pembelajaran berlangsung masih ada siswa yang mengobrol, alokasi waktu yang sudah ditargetkan melebihi batas waktu, tidak semua siswa bisa dapat mengikuti pelajaran dengan cara ini. Upaya yang dapat dilakukan mengatasi hambatan tersebut adalah memberikan sanksi bagi siswa yang tidak mengikuti aturan selama proses pembelajaran berlangsung, mengefisienkan waktu dengan menetapkan tujuan selama proses pembelajaran berlangsung, membagi siswa menjadi beberapa kelompok sehingga siswa yang pandai dapat membantu siswa yang kurang pandai. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Discovery Learning, Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:51
Last Modified: 30 Jan 2017 03:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15354

Actions (login required)

View Item View Item