OPTIMALISASI EDAM CHEESE, NATURAL CHEDDAR CHEESE, ISOLAT SOY PROTEIN TERHADAP SPREADABLE CHEESE ANALOGUE MENGGUNAKAN APLIKASI DESIGN EXPERT (MIXTURE DESIGN)

DWI PUTRI NURHAYATI, 123020196 and Yusman Taufik, DS and Yudi Garnida, DS (2016) OPTIMALISASI EDAM CHEESE, NATURAL CHEDDAR CHEESE, ISOLAT SOY PROTEIN TERHADAP SPREADABLE CHEESE ANALOGUE MENGGUNAKAN APLIKASI DESIGN EXPERT (MIXTURE DESIGN). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
artikel_Spreadable_Cheese_Analogue.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
draft TA-Spreadable Cheese Analogue.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
journal_Spreadable_Cheese_Analogue.pdf

Download (269kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk memperbaiki karakteristik (rasa, tekstur, dan aroma) produk olahan Spreadable Cheese Analogue dengan subsitusi keju Edam dan keju Cheddar serta penambahan Isolat Soy Protein dan menentukan formulasi terbaik dalam pembuatan Spreadable Cheesee Analogue menggunakan Aplikasi Design Expert metode Mixture Design D-Optimal. Penelitian ini dilakukan dua tahap, Prosedur penelitian tahap pendahuluan adalah penentuan fungsi tujuan dan variabel tetap dan berubah pada pembuatan Cheese Spreadable Analogue yang nanti akan di input ke dalam aplikasi Design Expert metode Mixture Design D-Optimal sehingga menghasilkan sifat organoleptik dan sifat kimia yang sesuai dengan yang diinginkan dan penelitian tahap dua adalah untuk menentukan formulasi terbaik formulasi keju Spreadable Cheese Analogue menggunakan design expert metode mixture design d-optinal dengan tujuan untuk keju optimasi produk Spreadable Cheese Analogue sesuai dengan keju olahan yang ada. Tanggapan dalam penelitian ini adalah respon kimia dalam bentuk analisis asam amino, asam lemak, dan kadar air, respon fisik yaitu uji viskositas, dan respon sensorik termasuk aroma, rasa, tekstur, Spreadability, dan Spoondable. Spreadable Cheese Analogue terbuat dari bahan baku (Edam Cheese dan Cheddar cheese) dan bahan pengisi (Isolat Soy Protein dan tepung maizena) dari 11 formulasi yang ditawarkan untuk memproduksi satu formulasi yang optimal berdasarkan nilai keinginan yang menunjukkan nilai 1 adalah Edam cheese 11,66%, Cheddar cheese 9,75%, Isolat soy Protein 3,84%, tepung maizena 5%, dan bahan lainnya yaitu variable tetap, yaitu minyak nabati 22%, air 43,25%, garam 1%, 2% pengemulsi (25% Trisodium sitrat, disodium fosfat 75% ), asam asetat 0,5%, dan Distilled monoglyceride 0,02%. Formulasi tersebut telah diprediksikan oleh program dengan kadar asam lemak 0,84%, asam amino 0,19%, kadar air 47,64%, nilai viskositas 385,44 d.pas, penilaian organoleptik terhadap atribut aroma 3,97; penilaian organoleptik terhadap atribut rasa 3,64; penilaian organoleptik terhadap atribut tekstur 3,95; penilaian organoleptik terhadap atribut Spreadability 4,18; dan penilaian organoleptik terhadap atribut Spoondable 4,09. Keyword: Spreadable Cheese analogue, Keju, optimasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:49
Last Modified: 09 Mar 2022 03:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15352

Actions (login required)

View Item View Item