ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT KADMIUM (Cd) PADA KERANG SIMPING (PLACUNA PLACENTA) DI PESISIR KARANGSONG KABUPATEN INDRAMAYU JAWA BARAT

Wirgen Candra Agung S, 125040033 (2017) ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT KADMIUM (Cd) PADA KERANG SIMPING (PLACUNA PLACENTA) DI PESISIR KARANGSONG KABUPATEN INDRAMAYU JAWA BARAT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover wirgen.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak Indonesia.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak English.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 .pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
bab 3 done.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Logam berat Kadmium (Cd) merupakan salah satu zat pencemar lingkungan yang berbahaya, sebab kadmium (Cd) tidak dapat terdegradasi dalam lingkungan dan terakumulasi dalam jaringan makhluk hidup. Kerang Simping (Placuna placenta) dimanfaatkan sebagai bahan makanan (sumber protein), selain itu Kerang Simping (Placuna placenta) memiliki sifat filter feeder dan sessile sehingga Kerang Simping (Placuna placenta) mampum menyerap cemaran logam berat Kadmium (Cd). Sehingga secara alami logam berat kadmium daat terakumulasi dalam tubuh Kerang Simping (Placuna placenta). Sehingga Kerang Simping (Placuna placenta) dapat digunakan sebagai bioindikator logam berat yang mencemari lingkungan perairan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif sedangkan rancangan penelitian menggunakan kuadran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan logam berat kadmium (Cd) pada kerang simoing (Placuna placenta) di pesisir Pantai Karang Song Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Sampel penelitian inni adalah jumlah kerang simpng yang tercuplik dan populasi penelitian ini adalah seluruh Kerang Simpng (Placuna placenta) yang terdapat di Pesisir Pantai karang Song Indramayu Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukan kandungan Kadmium (Cd) tertinggi sebesar 0,27 mg/kg dan yang terrendah sebesar 0,06 mg/kg. sedangkan rata – rata kandungan logam berat kadmium (Cd) pada kerang simping (Placuna placenta) sebesar 0,21 mg/kg. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kandungan logam berat kadmum (Cd) pada kerang simping (Placuna placenta) di pesisir Pantai Karang Song masih dibawah ambang batas kandungan kadmium (Cd) pada pangan yaitu sebesar 1,0 mg/kg. Kata Kunci : Logam berat (Cd). Kerang simping (Placuna placenta)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:39
Last Modified: 30 Jan 2017 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15347

Actions (login required)

View Item View Item