KAJIAN KONSENTRASI MADU (Apis cerana indica) DAN KONSENTRASI SARI JERUK LEMON (Citrus medica Linn) TERHADAP KARAKTERISTIK JUS BUAH NAGA (Hyloceureus polyrhizus)

SISTHA SWASTIKA, 123020147 and Sumartini, DS and Tantan Widiantara, DS (2017) KAJIAN KONSENTRASI MADU (Apis cerana indica) DAN KONSENTRASI SARI JERUK LEMON (Citrus medica Linn) TERHADAP KARAKTERISTIK JUS BUAH NAGA (Hyloceureus polyrhizus). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis madu, konsentrasi CMC, konsentrasi sari jeruk lemon, dan konsentrasi madu terhadap karakteristik jus buah naga merah yang mempunyai karakteristik baik dan dapat diterima oleh konsumen. Metode rancangan yang digunakan adalah Rancangan Petak Terbagi (RPT) dengan pola faktorial 3 x3 dengan ulangan sebanyak 3 kali dengan faktor konsentrasi madu sebagai petak utama dan konsentrasi sari jeruk lemon sebagai anak petak yang dilanjutkan dengan uji Least Significant Difference (LSD). Respon pada penelitian ini adalah respon kimia, yaitu pH, kadar gula pereduksi, dan kadar vitamin C. Respon fisik yaitu viskositas. Respon organoleptik yang meliputi kekentalan, warna, rasa, dan aroma dan pengujian aktivitas antioksidan pada sampel terpilih. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan bahwa konsentrasi CMC yang terpilih yaitu konsentrasi 1%. Berdasarkan hasil penelitian utama konsentrasi madu berpengaruh terhadap warna, rasa, viskositas, gula pereduksi dan vitamin C. Konsentrasi sari jeruk lemon berpengaruh terhadap rasa, pH, gula pereduksi, dan vitamin C. Interaksi antara konsentrasi madu dan konsentrasi sari jeruk lemon berpengaruh terhadap rasa, aroma, warna, dan gula pereduksi. Berdasarkan respon fisik dan respon kimia yang telah dilakukan a2b3(konsentrasi madu 12% dan konsentrasi sari jeruk lemon 10%) adalah produk terpilih dengan menghasilkan pH 2,60, viskositas 83,60 mpas, kadar gula pereduksi 3,05 %, kadar vitamin C 41,79 mg / 100 gram bahan, dan antioksidan sebesar 2639,11 ppm. Kata kunci : Buah naga merah, Madu, Sari Jeruk lemon

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 27 Jan 2017 10:08
Last Modified: 27 Jan 2017 10:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15311

Actions (login required)

View Item View Item