PENGARUH KONSENTRASI GELATIN TULANG IKAN PATIN (Pangasius sp.) DAN KONSENTRASI PUTIH TELUR TERHADAP KARAKTERISTIK ES KRIM KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L)

GINA SITI KHOERUNNISA, 123020125 and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS and Tantan Widiantara, DS (2017) PENGARUH KONSENTRASI GELATIN TULANG IKAN PATIN (Pangasius sp.) DAN KONSENTRASI PUTIH TELUR TERHADAP KARAKTERISTIK ES KRIM KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh konsentrasi gelatin tulang ikan patin dan konsentrasi putih telur terhadap karakteristik eskrim kacang merah dan pengaruh interaksi antara konsentrasi gelatin tulang ikan patin dan konsentrasi putih telur terhadap karakteristik eskrim kacang merah. Rancangan percobaan yang digunakan adalah pola faktorial 3x3 dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor A (Konsentrasi gelatin tulang ikan patin) yang terdiri dari 3 taraf yaitu a1 (0.1%), a2 (0.3%), a3 (0.5%) dan faktor B (Konsentrasi putih telur) yang terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (3%), b2 (5%). b3 (7%). Respon yang diukur dalam penelitian ini adalah respon kimia yang meliputi kadar lemak dengan metode soxhlet dan kadar protein dengan metode kjeldahl, respon fisik yang diuji yaitu waktu leleh dan overrun serta respon organoleptik (uji hedonik) terhadap warna, rasa, aroma, tekstur. Gelatin tulang ikan patin yang digunakan pada penelitian utama mempunyai viskositas 20,5 mPs, nilai pH 3,85 , kekuatan gel 3,049 g/force dan rendemen 55,46%. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa interaksi antara konsentrasi gelatin tulang ikan patin dan konsentrasi putih telur berpengaruh terhadap warna, rasa, aroma, tekstur, waktu leleh, overrun, kadar lemak dan kadar protein eskrim kacang merah. Kata Kunci : Gelatin Tulang Ikan Patin, Putih telur, Eskrim Kacang Merah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 27 Jan 2017 09:45
Last Modified: 27 Jan 2017 09:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15307

Actions (login required)

View Item View Item