PEMBUATAN TERMOMETER DIGITAL DENGAN SENSOR TERMOKOPEL TIPE J DAN PENGOLAH SINYAL IC AD594 PEMBUATAN TERMOMETER DIGITAL DENGAN SENSOR TERMOKOPEL TIPE J DAN PENGOLAH SINYAL IC AD594 PEMBUATAN TERMOMETER DIGITAL DENGAN SENSOR TERMOKOPEL TIPE J DAN PENGOLAH SINYAL IC AD594

PUSPA MEGAWATI, 103030025 and Rachmad Hartono, DS and Gatot Santoso, Ds (2016) PEMBUATAN TERMOMETER DIGITAL DENGAN SENSOR TERMOKOPEL TIPE J DAN PENGOLAH SINYAL IC AD594 PEMBUATAN TERMOMETER DIGITAL DENGAN SENSOR TERMOKOPEL TIPE J DAN PENGOLAH SINYAL IC AD594 PEMBUATAN TERMOMETER DIGITAL DENGAN SENSOR TERMOKOPEL TIPE J DAN PENGOLAH SINYAL IC AD594. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
PDF LAPORAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
PDF LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Temperatur suatu benda atau lingkungan dapat diukur dengan menggunakan Termometer. Namun Termometer memiliki keterbatasan pembacaan. Termometer hanya mampu mengukur temperatur hingga suhu 100˚C. Dalam perindustrian, pengukuran suhu untuk peleburan timah atau memerlukan alat untuk mengukur suhu dan thermometer tidak dapat digunakan karena hanya mempunyai rentang 0˚C – 100˚C. Temperatur merupakan salah satu parameter yang penting untuk diukur dalam rangka menentukan kehilangan atau membuat keseimbangan energi panas. Oleh karena itu mereka menggunakan termocouple untuk mengukur temperatur, karena memiliki ketepatan yang tinggi. Termokopel merupakan sensor untuk mengubah besaran suhu menjadi tegangan, dimana sensor ini dibuat dari sambungan dua bahan metalic yang berlainan jenis. Sambungan ini dikomposisikan dengan campuran kimia tertentu, sehingga dihasilkan beda potensial antar sambungan yang akan berubah terhadap suhu yang di deteksi. Pengolah sinyal Termometer ini menggunakan IC AD594, dan sensor yang digunakan adalah Termokopel tipe J. Nilai temperatur yang diperoleh dapat dibaca komputer melalui komunikasi serial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 27 Jan 2017 08:20
Last Modified: 27 Jan 2017 08:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15293

Actions (login required)

View Item View Item