PENGARUH GRADE TEH HIJAU DAN KONSENTRASI GULA STEVIA (Stevia rebaudiana bertoni M.) TERHADAP KARAKTERISTIK SIRUP TEH HIJAU (GREEN TEA)

FRYDA AMALIA, 123020008 and Nana Sutisna Achyadi, Dosen and Asep Dedy Sutrisno, DS (2016) PENGARUH GRADE TEH HIJAU DAN KONSENTRASI GULA STEVIA (Stevia rebaudiana bertoni M.) TERHADAP KARAKTERISTIK SIRUP TEH HIJAU (GREEN TEA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Jurnal Penelitian Sirup Teh Hijau.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PPT Sirup Teh Hijau.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Sirup Teh Hijau.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan grade teh hijau, konsentrasi gula stevia dan interaksi antara keduanya terhadap karakteristik sirup teh hijau. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi produk diversifikasi sirup berbahan baku teh hijau dengan pemanis alami gula stevia, memberikan informasi proses pembuatan sirup berbahan baku teh hijau dan memberikan informasi mengenai penggunaan berbagai grade teh hijau dan konsentrasi gula stevia yang tepat yang disukai panelis untuk membuat sirup teh hijau. Rancangan percobaan yang dilakukan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x3 dengan 3 kali pengulangan sehingga diperoleh 27 perlakuan yang dilanjutkan dengan Uji Duncan. Variabel percobaan terdiri dari dua faktor, faktor yang pertama yaitu grade teh hijau (A), yang terdiri dari 3 taraf, yaitu : a 1 = gun powder, a = peko super 700 dan a = peko super 404 serta faktor kedua yaitu penambahan konsentrasi gula stevia (B) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu : b 3 1 = 2,0%, b 2 = 2,5% dan b = 3,0%. Rancangan respon yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji organoleptik menggunakan uji hedonik dan pengukuran aktivitas antioksidan. 3 Hasil penelitian pendahuluan yaitu didapatkan hasil bahwa konsentrasi ekstrak teh hijau yang disukai oleh kebanyakan panelis pada uji hedonik yaitu konsentrasi ekstrak teh hijau 10%. Hasil penelitian utama yaitu didapatkan hasil nilai rata-rata EC grade gun powder sebesar 4,40%, Peko Super 700 sebesar 4,98% dan Peko Super 404 sebesar 5,30%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kualitas grade maka semakin tinggi aktivitas antioksidannya. Penggunaan grade teh hijau berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan, warna dan rasa pada sirup teh hijau. Perbedaan konsentrasi gula stevia tidak berpengaruh pada penelitian ini. Interaksi antara kedua faktor tidak berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan dan semua atribut hedonik sehingga tidak terjadi interaksi antara keduanya. Kata kunci : Green Tea, Sirup, Grade, Gula Stevia 50 2

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:58
Last Modified: 28 Aug 2017 08:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15287

Actions (login required)

View Item View Item