PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III Semester 1 SDN Lengkong Besar 105-85 Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

Sopia Inayati, 125060311 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III Semester 1 SDN Lengkong Besar 105-85 Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Text
abstrak Indo.pdf

Download (87kB)
[img] Text
abstract inggris.pdf

Download (276kB)
[img] Text
abstrak sunda.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lengkong Besar 105-85 Bandung dengan Subjek penelitian yang berfokus pada siswa kelas III. Penelitian ini di dasari oleh kurangnya Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan yaitu kurangnya keberanian siswa untuk mengutarakan pendapat serta hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa melalui penggunaan model Discovery Learning pada subtema perkembangbiakan tumbuhan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian Tindakan Kelas ini mencapai hasil yang maksimal dibuktikan dengan pencapaian hasil nilai rata-rata siswa pada setiap siklusnya meningkat. Sikap percaya diri yaitu pada siklus I 72% kategori baik dan siklus II 89% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar Afektif siklus I yaitu 60% dan siklus II 86%. Penilaian Kognitif pada siklus I yaitu 39% dan siklus II 89%. Penilaian Psikomotor Pada siklus I yaitu 46% dan siklus II 85%. Adapun hambatan dalam pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning adalah siswa kurang kondusif saat pembelajaran berlangsung. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dapat mengkondisikan siswa dengan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas III SDN Lengkong Besar 105-85 pada subtema perkembangbiakan tumbuhan. Kata Kunci: Discovery Learning, Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar siswa, hambatan dan upaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:00
Last Modified: 27 Jan 2017 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15265

Actions (login required)

View Item View Item