Analisis Framing Berita Ketua DPR RI Tentang Perpanjangan PT Freeport Indonesia Tahun 2015 pada Harian Online Viva.co.id dan Metrotvnew.com

Abdul Basir, 122050231 (2017) Analisis Framing Berita Ketua DPR RI Tentang Perpanjangan PT Freeport Indonesia Tahun 2015 pada Harian Online Viva.co.id dan Metrotvnew.com. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (696kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN sidang akhir.pdf

Download (6kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Framming Ketua DPR RI tentang perpanjangan kontrak PT.Freeport Indonesia tahun 2015 pada harian online Viva.co.id dan MetrotvNews.com”. Pada dasarnya bingkai media atau lebih dikenal dengan framing, merupakan metode untuk melihat bagaimana cara media bercerita atas sebuah peristiwa. Framing terutama melihat bagaimana pesan atau peristiwa dikonstruksi oleh media. Bagaimana wartawan mengkonstruksi peristiwa dan menyajikannya kepada khalayak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik, dan struktur retoris. Pada pemberitaan Ketua DPR RI tentang perpanjangan kontrak PT.Freeport Indonesia tahun 2015 pada harian online Viva.co.id dan MetroNews.com Selain itu penelitian ini juga ditujukan untuk memberikan kontribusi dalam perkembangan kajian pada bidang Ilmu Komunikasi, khususnya yang berkaitan dengan studi media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis teks (kualitatif), dengan menggunakan model framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Teknik pengumpulan datanya adalah studi dokumentasi, studi kepustakaan, dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis kategorisasi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam mengkonstruksi berita sebaiknya media menyajikan peristiwa terutama yang berkaitan sengketa, secara cover both side. Selain itu, media hendaknya menampilkan hubungan kausalitas yang jelas disertai argumentasi dan alasan yang jelas pula agar khalayak dapat memahami suatu peristiwa secara utuh.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Jan 2017 03:56
Last Modified: 27 Jan 2017 03:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15193

Actions (login required)

View Item View Item