PENGGUNAAN ALAT PERAGA BALOK GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT (Penelitian Tindakan Kelas V di SDN Pasirmunding IV Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur)

ELSA APRILIANTI SARI, 125060185 (2017) PENGGUNAAN ALAT PERAGA BALOK GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT (Penelitian Tindakan Kelas V di SDN Pasirmunding IV Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
7.1 ABSTRACK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung bilangan bulat. Pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang teridiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pasirmunding IV Kabupaten Cianjur yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif dan kualitataif. Target penelitian dinyatakan berhasil, jika hasil belajar siswa mencapai 80% mendapat nilai diatas KKM yaitu 65. Sedangkan aktivitas guru dan siswa mencapai 80% dengan skala baik. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai target yang ditetapkan. Pada siklus I hasil belajar siswa nilai rata-rata siswa 70 dengan ketuntasan belajar 68%, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 80 dengan ketuntasan belajar mencapai 91%. Ketercapaian RPP memperoleh nilai 3,6 atau 90% pada siklus I dan 3,8 atau 95% pada siklus II. Aktivitas guru memperoleh nilai 3,6 atau 90% pada siklus I mengalami peningkatan 3,8 atau 95% pada siklus II. Aktivitas siswa memperoleh nilai 3,5 atau 88% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebanyak 3,9 atau 97% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga balok garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Balok Garis BIlangan, Hasil Belajar, Operasi Hitung Bilangan Bulat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Jan 2017 04:06
Last Modified: 27 Jan 2017 04:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15163

Actions (login required)

View Item View Item