MAKNA SIMBOLIK DALAM UPACARA PERNIKAHAN ADAT SUNDA (Studi Interaksi Simbolik Pada Makna Simbolik Dalam Upacara Pernikahan Adat Sunda)

RANI YULIA RUKMANA, 122050069 (2017) MAKNA SIMBOLIK DALAM UPACARA PERNIKAHAN ADAT SUNDA (Studi Interaksi Simbolik Pada Makna Simbolik Dalam Upacara Pernikahan Adat Sunda). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.SKRIPSI BAB 1.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. SKRIPSI BAB 2.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (24kB)

Abstract

Penelitianiniberjudul “MAKNA SIMBOLIK DALAM UPACARA PERNIKAHAN ADAT SUNDA” (StudiInteraksiSimbolikPadaMaknaSimbolikDalamUpacaraPernikahanAdatSunda). Tujuandaridisusunnyaskripsiiniadalahuntukmengetahuimaknasimbolikdalamupacarapernikahanadatsunda, mengetahuimotivasimasyarakatsundamelakukanpernikahanadatsuda, mengetahuibagaimanamasyarakatsundamengiplementasikanmaknasimbolikdalamuacaraadatsundadalammembangunkeuargadanmengetahuibagaimanapengaruhmaknasimbolikdalamupacarapernikahanadatsundaterhadapkehidupanberumahtangga. Metodepenelitian yang digunakanadalahmetodepenelitiankualitatif. Teknikpengumpulan data yang dilakukandiawalidenganstudikepustakaan, observasidanwawancara yang disertaidenganadanyadokumentasi. Obyekdalampenelitianiniadalahmasyarakatsunda yang melakukanpernikahandenganUpacaraAdatSunda.PenelitianinimenggunakanteoriInteraksiSimbolikGoerge Herbert Mead. Berdasarkanhasilpenelitianini, dapatdisimpulkanbahwaMaknaSimbolikdalampernikahanAdatSundameliputiserangkaianaktifitas yang menjadigambaranbagisuamiistridalammenjalankankehidupanberumahtangga. Motivasimasyarakatsundamelakukanpernikahanadatsundaadalahtidakterlepasdaritradisidankebiasaan di lingkungansosialtempatiatinggaldansebagaiwujuddarikediriansebagai orang sunda.MasyarakatSundamengimplementasikanmaknasimbolikdalamupacarapernikahanadatSunda yang merekalakukandenganmewujudkannyapadakehidupansehari-haridanmenjadikanmakna yang merekapahamisebagailandasanuntukbertindakdalammembangunkeluarga. DiakuiolehmasyarakatSunda yang melakukanpernikahanAdatSundabahwaMaknaSimbolikdalamUpacarapernikahantersebutberpengaruhterhadapkehidupanberumahtangga. Ada perubahansikapdankebiasaansetelahmemaknaisimbol-simboldalamUpacarapernikahanAdatSunda. Hal yang inginpenelitirekomendasikansebagaibahanmasukanialahhendaknyasimbol-simbol yang terkandungdalamUpacaraPernikahanAdatSundadapatdimaknaidenganbaiksehiggabudayasundaakantetaphidupsebagaibudaya yang kaya dengannilai moral dannilaisosial. Denganmelaksankaanpernikahanadatsundadanmemahamimaknanyadapatmentransfusikannilaibudayadarigenerasi lama kepadagenerasibarusebagaiwujudpelestarianbudaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Jan 2017 03:34
Last Modified: 27 Jan 2017 03:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15124

Actions (login required)

View Item View Item