Hanni Nurhidayah, NPM : 148060065 (2017) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DITINJAU DARI LINGKUNGAN SOSIAL SISWA SMK. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
ARTIKEL HANNI NURHIDAYAH (148060065).docx Download (70kB) |
Abstract
Hanni nurhidayah. Upaya penerapan problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan kemampuan berfikir kreatif ditinjau dari lingkungan sosial siswa smk..tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji gambaran perbedaan lingkungan sosial siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dan konvensional.Menganalisa peningkatan kemampuan penalaran siswa yang pembelajarannya menggunakan problem based learning lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan konvensional ditinjau dari perbedaan lingkungan sosial siswa.Menganalisa peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan problem based learning lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan konvensional ditinjau dari perbedaan lingkungan sosial siswa.Menganalisa hubungan antara kemampuan penalaran dan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa.Menganalisa hubungan antara kemampuan penalaran dan perbedaan lingkungan sosial siswa.Menganalisa hubungan antara kemampuan berfikir kreatif matematis dan perbedaan lingkungan sosial siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (Mixed Metod)Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI TPU A dan XI TPU BSMKN1 Kertajati Tahun Pelajaran 2016-2017 pada pokok bahasan Barisan dan deret. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus atau tujuh pertemuan. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: tes kemampuan penalaran dan berfikir kreatif matematis yang telah dikonsultasikan dengan dosen, Pedoman wawancara, angket lingkungan sosial siswa dan observasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Kemampuan penalaran siswa yang menggunakan pembelajaran problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional ditinjau dari perbedaan lingkungan sosial siswa.Kemampuan berfikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pembelajaran pro\blem Based Learning lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional ditinjau dari perbedaan lingkungan sosial siswa.Terdapat hubungan antara kemampuan penalaran dengan perbedaan lingkungan social siswa.Terdapat hubungan antara kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dengan perbedaan lingkungan social siswa.Terdapat hubungan antara kemampuan penalaran dan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa Kata Kunci: Problem based learning,kemampuanpenalaran, kemampuan berfikir kreatif, dan lingkungan sosial.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 01 Feb 2017 03:49 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 03:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14858 |
Actions (login required)
View Item |