Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas Pada Bagian Produksi Dengan Menggunakan Pendekatan Algoritma Craft (Studi Kasus PT. Central Mulya Citanitindo Bandung).

RIZAL FIRMANSYAH, 123010063 and Dadang Hendriana, DS and Edi Gunadi, DS (2017) Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas Pada Bagian Produksi Dengan Menggunakan Pendekatan Algoritma Craft (Studi Kasus PT. Central Mulya Citanitindo Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Central Mulya Citanitindo merupakan suatu industri yang bergerak dalam bidang penyempurnaan benang, dimana perusahaan tersebut melakukan proses finishing dengan cara memberikan warna pada kain. Permasalahan yang muncul pada layout awal perusahaan yaitu penempatan departemen yang tidak direncanakan terlebih dahulu sehingga menyebabkan jarak perpindahan material yang ditempuh dari satu departemen ke departemen lainnya jauh dan menimbulkan ongkos material handling (OMH) yang cukup besar. Adapun tujuan dalam penelitian ini yang ingin dicapai yaitu membuat rancangan layout usulan pabrik PT. Central Mulya Citanitindo dengan ongkos material handling (OMH) dan jarak material handling yang lebih kecil. Dengan menggunakan algoritma CRAFT pada software WinQSB 2.0 untuk melakukan perbaikan pada layout awal. CRAFT merupakan sebuah program perbaikan, program ini mencari perancangan optimum dengan melakukan perbaikan tata letak secara bertahap. CRAFT mengevaluasi tata letak secara bertahap. CRAFT mengevaluasi tata letak dengan cara mempertukarkan lokasi departemen. Layout awal perusahaan yang memiliki jarak perpindahan material jarak sebesar 5211,67 dengan OMH sebesar Rp. 1,372,931. Usulan layout yang terpilih dari hasil penyelesaian masalah pada program CRAFT dengan menukarkan 2 departemen kemudian dilanjutkan dengan 3 departemen dengan toal perpindahan jarak sebesar 2362.35 dengan OMH sebesar Rp. 622,319. Perusahaan dapat menghemat pengeularan untuk OMH per hari sebesar Rp. 752,541 , sedangkan untuk per bulan dapat menghemat sebesar Rp. 19,566,069 , dan dalam satu tahun perusahaan dapat menghemat sebesar Rp. 234,792,828. Kata kunci : layout, jarak perpindahan material, OMH, CRAFT

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 26 Jan 2017 03:46
Last Modified: 26 Jan 2017 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14853

Actions (login required)

View Item View Item