Perencanaan Persediaan Bahan Baku Spiral Wound Gasket Menggunakan MRP Dengan Memperhatikan Kapasitas Gudang (Studi Kasus Di PT. Nichias Rockwool Indonesia).

DICKY PRATAMA SETIAWAN, 123010010 and Agus Purnomo, DS and Edi Gunadi, DS (2017) Perencanaan Persediaan Bahan Baku Spiral Wound Gasket Menggunakan MRP Dengan Memperhatikan Kapasitas Gudang (Studi Kasus Di PT. Nichias Rockwool Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstract.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT Nichias Rockwool Indonesia adalah suatu perusahaan yang memproduksi spiral wound gasket. Demi kelangsungan proses produksi, perencanaan persediaan bahan baku adalah salah satu faktor penting karena sangat berpengaruh terhadap keuangan perusahaan, jika jumlah persediaan terlalu besar mengakibatkan timbulnya dana yang dikeluarkan terlalu besar, meningkatnya biaya penyimpanan dan resiko kerusakan barang yang lebih besar. Sedangkan jika persediaan terlalu sedikit mengakibatkan resiko terjadinya kekurangan persediaan karena seringkali barang persediaan tidak dapat didatangkan secara mendadak yang menyatakan terhentinya proses produksi, tertundanya keuntungan, bahkan hilangnya pelanggan. Selain itu, yang juga perlu diperhatikan adalah masalah pergudangan bahan baku, terbatasnya kapasitas gudang bahan baku yang dimiliki perusahaan tidak sesuai dengan rencana produksi yang diinginkan oleh perusahaan. Hal ini berdampak terhadap kekurangan bahan baku, karena gudang tidak mampu menyimpan jumlah barang yang dipesan oleh bagian pembelian. Dengan demikian untuk mengatasi masalah tersebut maka pada tugas akhir ini akan membahas bagaimana mengetahui kebutuhan bahan baku spiral wound gasket menggunakan MRP dengan metode Lotting Algoritma Wagner Within dengan memperhatikan kapasitas gudang. Agar dapat menekan resiko kekurangan atau kelebihan persediaan dan juga mengetahui apakah gudang bahan baku perusahaan dapat menampung atau tidak bahan baku yang dipesan setiap periodenya. Setelah dilakukan pengolahan data dengan metode tersebut maka didapatkan, Spiral Wound Gasket sebanyak 102.329 unit dengan 28 kali pemesanan, stainless Plate 1 sebanyak 6.783,61 unit dengan 6 kali pemesanan, stainless Plate 2 sebanyak 16.183,22 unit dengan 12 kali pemesanan, gasket sebanyak 103.158 unit dengan 29 kali pemesanan, filler sebanyak 3.407,32 unit dengan 5 kali pemesanan, dan hoop sebanyak 4.453,90 unit dengan 5 kali pemesanan. Untuk kapasitas gudang bahan baku yang tersedia yaitu sebesar 12.946 Kg, sedangkan kapasitas untuk stainless plate 1 sebesar 3.224 Kg, stainless plate 2 sebesar 4.428 Kg, filler sebesar 2.590 Kg, dan hoop sebesar 2.706 Kg, dengan demikian space gudang yang dialokasikan untuk bahan baku produk spiral wound gasket dapat menampung bahan baku yang akan dipesan untuk setiap periode (minggu)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 25 Jan 2017 01:32
Last Modified: 25 Jan 2017 01:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14792

Actions (login required)

View Item View Item