PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAKAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DAN PEDULI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

N. Dewi Nurpuspita Sari, 11506098 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAKAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DAN PEDULI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.rtf

Download (648kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan judul Penerapan Model PBL untuk Menumbuhkan Sikap Percaya Diri dan tanggung Jawab Dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan siswa di kelas IV SDN Rancaekek 09 yang tidak memiliki sikap percaya diri dan tanggung jawab dalam pembelajaran karena guru sering menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model PBL belum pernah dilaksanakan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model PBL dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan tanggung jawab dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menumbuhkan sikap percaya diri dan tanggung jawab dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model PBL dalam pembelajaran IPS SK 1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi KD. Menghrgai keberagaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota dan provinsi). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan revisi. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model PBL yang terdiri dari 6 tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan siswa dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar yaitu sebelum diberikan tindakan adalah 60 kemudian pada siklus I menjadi 77 dan pada siklus II menjadi 90,7. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penelitian tindakan kelas tersebut, sikap percaya diri dan tanggung jawab dalam pembelajaran IPS meningkat setelah pembelajaran menggunakan model PBL. Kata kunci: Model Problem Based Learning, percaya diri,tanggung jawab, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:32
Last Modified: 24 Mar 2016 07:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1479

Actions (login required)

View Item View Item