PENGARUH DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, KOMITE AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia)

Tri Oktaviani, 124020104 (2016) PENGARUH DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, KOMITE AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak aku.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I tri... fix print ulang.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II tri... fix print ulang.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dafpus aku.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dewan komisaris independen, komite audit, ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial terhadap manajemen laba (studi pada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria: (1) Perusahaan tersebut listing di Bursa Efek Indonesia pada periode 201-2014 (2) Perusahaan tersebut memiliki kepemilikan saham manajerial pada perusahaan sektor perbankan periode 2010-2014. Data diperoleh dari publikasi Indonesia Stock Exchange (IDX) dan Sahamok. Diperoleh sampel 6 perusahaan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, pengujian hipotesis menggunakan uji t, analisis korelasi, koefisien determinasi dan uji f. Pengolahan data dibantu dengan program software SPSS v.21. Berdasarkan hasil penelitian pada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2014. Dewan Komisaris Independen berpengaruh terhadap manajemen laba dengan kontribusi yang diberikan sebesar 25,7%. Komite Audit berpengaruh terhadap manajemen laba dengan koontribusi yang diberikan sebesar 17,9%. Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba dengan kontribusi sebesar 27,9%. Kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap manajemen laba dengan kontribusi yang diberikan sebesar 13,2%. Kata Kunci: Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial dan Manajemen Laba

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 24 Jan 2017 07:55
Last Modified: 24 Jan 2017 07:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14789

Actions (login required)

View Item View Item