MILA SARI, 125020068 (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA (STUDI KASUS MATA PELAJARAN AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL UMUM KELAS X SMAN 5 KOTA SUKABUMI TAHUN AJARAN 2015-2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
abstrk inggris.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
Text
Daftar Pustaka-.pdf Restricted to UNSPECIFIED Download (16kB) |
Abstract
Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Drill And Practice Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Di SMA Negeri 5 Kota Sukabumi”. (Studi Kasus Pada Kelas X IPS I Mata Pelajaran Akuntansi Sub Pokok Bahasan Jurnal Umum). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran drill and practice dalam mata pelajaran akuntansi sub pokok bahasan jurnal umum kelas X IPS I SMA Negeri 5 Kota Sukabumi. (2) mengetahui aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi sub pokok bahasan jurnal umum kelas X IPS I SMA Negeri 5 Kota Sukabumi. (3) mengetahui seberapa besar pengaruh antara penerapan metode pembelajaran drill and practice terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi sub pokok bahasan jurnal umum kelas X IPS I SMA Negeri 5 Kota Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan tingkat ekplanasi asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi, Hipotesis penelitian berbunyi “Terdapat pengaruh antara metode pembelajaran drill and practice (X) terhadap aktivitas belajar siswa (Y) pada mata pelajaran akuntansi”. Hasil penelitian ini adalah terdapat korelasi antara variabel X dan Variabel Y sebesar 0,764 itu berarti korelasi tersebut memiliki kategori kuat. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut : Y = 4,452 + 0,444X artinya bahwa setiap drill and practice bertambah 4,452 maka aktivitas belajar meningkat sebesar 0,444. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (metode pembelajaran drill and practice) terhadap variabel Y (aktivitas belajar), maka dapat dilihat dari hasil perhitungan koefesien determinasi R Square sebesar 0,794 yang artinya metode drill and practice mampu mempengaruhi 79,4% perubahan pada variabel aktivitas belajar (Y). Hal ini menunjukkan masih ada 20,6% faktor atau variabel lain yang mempengaruhi aktivitas pembelajaran selain metode drill and practice. Kesimpulan hipotesis penelitian dapat diterima. Kata Kunci : Metode Drill and Practice, Aktivitas Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 24 Jan 2017 07:16 |
Last Modified: | 24 Jan 2017 07:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14778 |
Actions (login required)
View Item |