Pengukuran Tingkat Kematangan Pendukung Jaringan SITU menggunakan COBIT 4.1 (Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Pasundan)

NOPIAN DIAN PUJIANTARA, 123040028 and Iwan Kurniawan, DS and Rita Rijayanti, DS (2017) Pengukuran Tingkat Kematangan Pendukung Jaringan SITU menggunakan COBIT 4.1 (Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak_123040028.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_123040028.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_dll_123040028.pdf

Download (446kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pemanfaatan TI di Fakuktas Teknik Universitas Pasundan yang memberikan layanan akademik yanglebih dikenal dengan SITU (sistem informasi terpadu atau sering dinamakan). Penerapan TI dengan sistem informasi terpadu (SITU) memiliki beberapa layanan diantaranya, layanan informasi akademik yang akurat, konsisten, tepat waktu, relevan dan sistem dapat berjalan dengan optimal. Layanan yang dipaparkan di dalam SITU Fakultas Teknik diantaranya, layanan informasi nilai mahasiswa layanan KRS (keterangan rencana studi), layanan administrasi, dan lain-lain. Penelitian ini membahas tentang kondisi teknologi informasi di FT UNPAS khususnya pada pendukung jaringan SITU, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat kematagan pada sisi pendukung jaringan SITU di FT UNPAS. sehingga dapat memberikan jaminan terhadap pengguna sistem secara maksimal. Dalam melakukan penelitian penulis memiliki beberapa tahapan yaitu mengidentifikasi masalah yang ada, melakukan pengukuran tingkat kematangan pada pendukung jaringan SITU dengan cara wawancara dan memberikan kuesioner yang berfokus pada domain DS (Delivery and Support) yang terdapat di kerangka kerja COBIT 4.1. Hasil dari penelitian ini merupakan rekomendasi perbaikan terhadap proses pendukung jaringan SITU di FT UNPAS dalam mencapai tujuan dari sebuah organisasi dengan harapan dapat membantu pihak manajemen TI dalam mengembangkan proses terhadap pendukung jaringan SITU agar dapat berjalan optimal. Kata kunci: Pendukung jaringan SITU, Tingkat Kematangan, COBIT 4.1, Delivery and Support

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 23 Jan 2017 09:21
Last Modified: 23 Jan 2017 09:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14749

Actions (login required)

View Item View Item