EKSTRAKSI DAN STABILITAS ANTOSIANIN DALAM KULIT BUAH NAGA MERAH DAN DAGING BUAH NAGA MERAH SEBAGAI PEWARNA ALAMI (Hylocereous polyrhizus)

DHEA SARTIKA, 123020403 and Thomas Gozali, DS and Yusep Ikrawan, DS (2017) EKSTRAKSI DAN STABILITAS ANTOSIANIN DALAM KULIT BUAH NAGA MERAH DAN DAGING BUAH NAGA MERAH SEBAGAI PEWARNA ALAMI (Hylocereous polyrhizus). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (11kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis bahan dan jenis pelarut terhadap kadar total antosianin dan melihat kestabilan antosianin dari kulit buah naga merah dan daging buah naga merah sebagai pewarna alami . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Petak Terbagi (RPT) yang terdiri dari Petak Utama (Mainplot) dan Anak Petak (Subplot) dengan 6 kali pengulangan, uji lanjut digunakan Least Significant Difference Test (LSD). Variabel jenis pelarut dan jenis bahan yaitu : Petak utama (Mainplot), a1 (pelarut air), a2 (pelarut asam sitrat 10%) dan Anak petak (Subplot), b1 (kulit buah naga), b2 (daging buah naga). Kemudian filtrat tersebut di uji stabilitasnya terhadap pengaruh pH dan suhu pemanasan. Berdasarkan hasil penelitian interaksi antara jenis bahan dan jenis pelarut berpengaruh terhadap kadar total antosianin. Kadar total antosianin lebih banyak terekstrak jika pelarut yang digunakan adalah larutan asam sitrat 10%. Kadar total antosianin yang terdapat pada kulit buah naga merah sebesar 50,94 ppm sedangkan kadar total antosianin yang terdapat pada daging buah naga merah sebesar 138,04 ppm. Sedangkan stabilitas antosianin pada ekstrak kulit buah naga merah dan daging buah merah terhadap pengaruh pH tidak menunjukan perubahan warna dari pH 1 sampai pH 7 dan tidak stabil pada pH basa. Stabilitas antosianin pada ekstrak kulit buah naga merah dan daging buah naga merah mengalami penurunan stabilitas pada suhu pemanasan 70oC. Kata Kunci : buah naga merah, kulit buah naga, antosianin, stabilitas, ekstraksi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 23 Jan 2017 08:30
Last Modified: 23 Jan 2017 08:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14735

Actions (login required)

View Item View Item