Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia.

Nunung Nurzanah, 115060207 (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.docx

Download (16kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telak dilaksanakan di SDN Batukarut 02 Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki masalah-masalah dalam pembelajaran IPS pada materi keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia di kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. Pembelajaran IPS belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentuan yaitu 70. Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari rendahnya aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan karena guru kuang kreatif dalammemilih dan menggunakan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa, sehingga membuat siswa kurang fokus dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan sintaks moel pembelajaran Role Playing. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan sikap kerjasama dalam proses pembelajaran yang mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh presentase 51,5% dan siklus II sebesar 94,5%. Dan terlihat juga adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I, siswa yang telah mencapai KKM yaitu 18 siswa dengan presentase 56,25% dan siklus II siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan menjadi 28 siswa dengan presentase 87,5%. Hal ini dikarenakan pada model Role Playing, siswa tidak hanya memahami konsep yang diberikan oleh guru tetapi siswa juga terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa yang akan menjadi lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Role Playing dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model pembelajaran Role Playing, kerjasama dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:11
Last Modified: 24 Mar 2016 07:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1471

Actions (login required)

View Item View Item