PENGARUH ETIKA PROFESI DAN SKEPTISME PROFESIONAL TERHADAP KETEPATAN PEMBERIAN OPINI AUDITOR (Studi Pada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat)

IRVAN ARVIANDI HENDRAWAN, 114020154 (2016) PENGARUH ETIKA PROFESI DAN SKEPTISME PROFESIONAL TERHADAP KETEPATAN PEMBERIAN OPINI AUDITOR (Studi Pada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
1. COVER AKHIR.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I (BPK) TERBARU (REVISI).pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II (BPK) TERBARU (REVISI).pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Etika Profesi dan Skeptisme Profesional Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui etika profesi, skeptisme professional, dan ketepatan pemberian opini auditor di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Jawa Barat di Kota Bandung. Selain itu, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh etika profesi dan skeptisme professional secara parsial dan simultan terhadap ketepatan pemberian opini auditor. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan asosiatif dengan menggunakan data primer. Populasi pada penelitian ini adalah auditor yang bekerja di BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Sampel yang digunakan yaitu mengambil populasi sebagai responden yang berjumlah 52 orang. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis korelasi parsial pearson product moment, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, uji parsial dan uji simultan, serta koefisien determinasi parsial dan simultan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa etika profesi dan profesionalisme auditor berpengaruh terhadap pertimbangan tingkat materialitas. Besarnya pengaruh Etika Profesi secara parsial memberikan pengaruh sebesar 38,2% terhadap ketepatan pemberian opini auditor pada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, dan Skeptisme Profesional secara parsial memberikan pengaruh sebesar 12,8% ketepatan pemberian opini auditor pada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Secara simultan Etika Profesi dan Skeptisme Profesional berpengaruh terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor, dan besar pengaruhnya sebesar 51,4% sedangkan sisanya 46,6% dipengaruhi variabel yang tidak diteliti yaitu pengetahuan mendeteksi situasi audit, independensi, pengalaman auditor dan keahlian audit. Kata Kunci : Etika Profesi, Skeptisme Profesional dan Ketepatan Pemberian Opini Auditor

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2011
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 21 Jan 2017 04:49
Last Modified: 21 Jan 2017 04:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14679

Actions (login required)

View Item View Item