PENGARUH PARTISIPASI PENGGUNA SISTEM TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN IMPLIKASINYA DALAM PENERAPAN PENGENDALIAN INTERN (Survey Pada Kantor Pelayanan Pajak Kanwil IX Direktorat Jendral Pajak Bandung)

RANGGA USYA NUGRAHA, 114020138 (2016) PENGARUH PARTISIPASI PENGGUNA SISTEM TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN IMPLIKASINYA DALAM PENERAPAN PENGENDALIAN INTERN (Survey Pada Kantor Pelayanan Pajak Kanwil IX Direktorat Jendral Pajak Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img] Text
Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (374kB)
[img] Image
lembar pengesahan.JPG

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi pengguna, kualitas sistem informasi akuntansi dan implikasinya pada penerapan pengendalian intern serta mengetahui seberapa besar pengaruh partisipasi pengguna terhadap kualitas sistem informasi akuntansi dan implikasinya pada penerapan pengendalian intern baik secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak Kanwil IX Direktorat Jendral Pajak Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di Kantor Pelayanan Pajak Kanwil IX Direktorat Jendral Pajak Bandung. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling berukuran 51 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah studi survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif karena ada variabel yang akan dijelaskan dan di telaah seberapa besar pengaruh dari variabel tersebut, analisis data statistik menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi pengguna berpengaruh terhadap kualitas sistem informasi akuntansi. Besarnya pengaruh partisipasi pengguna terhadap kualitas sistem informasi akuntansi sebesar 44%, pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi terhadap penerapan pengendalian intern sebesar 35,6% dan pengaruh partisipasi pengguna terhadap penerapan pengendalian intern sebesar 29,8% Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi pengguna dan kualitas sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap penerapan pengendalian intern. Besarnya pengaruh partisipasi pengguna, kualitas sistem informasi akuntansi dan penerapan pengendalian intern sebesar 64,4% dan sisanya 35,6% adalah faktor lain diluar variabel yang sedang diteliti seperti penerapan sistem informasi dan pelaksanaan sistem. Keyword: Partisipasi Pengguna, Kualitas Sistem Informasi Akuntansi dan Penerapan Pengendalian Intern

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2011
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 20 Jan 2017 06:41
Last Modified: 20 Jan 2017 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14645

Actions (login required)

View Item View Item