PENGARUH KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KETERANDALAN PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey pada Kecamatan yang ada di Kabupaten Subang)

Dani Firdaus, 114020171 (2016) PENGARUH KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KETERANDALAN PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey pada Kecamatan yang ada di Kabupaten Subang). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Image
IMG_20170119_090313.jpg

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Keterandalan Pelaporan Keuangan Pemerintahan Daerah (SurveyPada Kecamatan di Kabupaten Subang). Laporan keuangan yang andal selain harus disajikan secara jujur, dapat diverifikasi, dan netral laporan keuangan yang andal juga harus dibuat oleh kapasitas sumber daya manusia yang ahli dan kemampuan pemanfaatan tehnologi informasi yang cukup dalam membuat keterandalan pelaporan keuangan.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 bagian keuangan yang ada di pemerntah kecamatan Kabupaten Subang. Dalam pemilihan sampel yang peneliti gunakan metode purposive sampling dan berdasarkan kriteria, sampel yang diperoleh yaitu 30 sampel. Pengujian hipotesis yang diajukan, dianalisis berdasarkan teknik statistik yaitu dengan uji normalitas, analisis regresi berganda, analisis korelasi, koefesien determinasi, uji t da uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial analisis korelasi bahwa kapasitas SDM memiliki hubungan yang kuat, sedangkan berdasarkan uji t kapasitas SDM berpengaruh signifikan sebesar 39,0% terhadap keterandalan pelaporan keuangan, dan pemanfaatan tehnologi informasi memiliki hubungan yang sangat rendah, berdasarkan uji t pemanfaatan tehnologi informasi berpengaruh signifikan sebesar 13,9% terhadap keterandalan pelaporan keuangan. Sedangkan secara simultan bahwa hasil uji F berpengaruh dan signifikan terhadap kebijakan dividen (Y), nilai signifikan Fhitung > Ftabel (9,057 > 4,20). Analisis korelasi antara variabel Kapasitas SDM dan pemanfaatan tehnologi informasi berpengaruh signifikan sebesar 40,2% sedangkan sisanya 59,8% dipengaruhi faktor lain seperti kualitas sistem, sistem informasi akuntansi, manajemen, dan lain sebagainya. . Kata Kunci : Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Keterandalan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2011
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 20 Jan 2017 03:43
Last Modified: 20 Jan 2017 03:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14640

Actions (login required)

View Item View Item