Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (Studi Kasus di SMK 45 Lembang Kabupaten Bandung Barat)

MUCHAMMAD RIKI, 123040421 and Caca Emile Supriana, DS and ASEP SOMANTRI, DS (2017) Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (Studi Kasus di SMK 45 Lembang Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123040421.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1_123040421.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_DLL_123040421.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kompetisi pada dunia pendidikan telah menciptakan persaingan ketat antara Sekolah yang satu dengan Sekolah yang lainnya dalam hal memperoleh Siswa Baru yang berkualitas. SMK 45 Lembang merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Swasta yang setiap tahunnya dibanjiri Siswa-Siswi pada kegiatan penerimaan siswa baru, terbukti disetiap periode jumlah Calon Siswa yang melakukan pendaftaran mengalami peningkatan, namun SMK 45 Lembang masih mempunya kekurangan dari segi kecepatan, dan keakuratan, karena tidak memiliki sistem yang dapat mempercepat proses pelayanan pendaftaran, penyeleksian maupun pembuatan laporan, penyeleksian yang dilakukan masih secara manual, dengan cara Panitia harus menyeleksi berkas Calon Siswa satu persatu, hal ini menyebabkan tidak akuratnya hasil kelulusan yang ditetapkan. Dalam pelaksanaan penerimaan siswa baru, sistem yang digunakan oleh SMK 45 Lembang tidak memberikan kemudahan bagi Panitia sebagai pengelola maupun bagi Calon Siswa yang melakukan pendaftaran. Untuk mengatasi permasalah yang ada, maka dilakukan Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru, dengan menggunakan metode SSADM (structured system analysis and design method), dan bantuan work system framework untuk melakukan analisis sistem kerja yang sedang berjalan saat ini, dengan tujuan membantu Panitia dalam mengelola penerimaan siswa baru sehingga dapat menunjang berjalannya penerimaan siswa baru menjadi lebih baik. Hasil akhir dari Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru adalah suatu rancangan sistem informasi yang dapat membantu Panitia dalam mengelola penerimaan siswa baru, dan dapat membantu Calon Siswa dalam melakukan pendaftaran, karena Calon Siswa dapat melakukan pendaftaran secara online, membantu SMK 45 Lembang mendapatkan Siswa Baru yang tepat untuk setiap program keahlian dan menjamin bahwa Siswa Baru yang diterima adalah Siswa pilihan terbaik, dan hasil Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru yang dirancang dapat memberikan informasi secara accessible, accurate, complete, secure, timely, dan verifiable. Kata kunci : Sekolah, Sistem Informasi, Penerimaan Siswa Baru, SSADM (Structured System Analysis And Design Method), Work System Framework.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 19 Jan 2017 01:28
Last Modified: 19 Jan 2017 01:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14608

Actions (login required)

View Item View Item