PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Implementation Methods of Inquiry in Efforts to Improve Communication Ability and Mathematical Problem Solving and Their Impact on Self Regulated Learning Student

Atun Anesti, NPM. 148060043 (2017) PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Implementation Methods of Inquiry in Efforts to Improve Communication Ability and Mathematical Problem Solving and Their Impact on Self Regulated Learning Student. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
jurnal.doc

Download (866kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Namun kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa ternyata masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru jarang melatih komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa saat proses pembelajaran. Selain itu diharapkan dengan dilatihnya kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa akan berdampak positif terhadap kemandirian belajar. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis adalah pembelajaran dengan metode Inkuiri. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII MTs Negeri 4 Bandung Barat sebanyak dua kelas yang dipilh secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis dan skala kemandirian belajar. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian. Skala kemandirian belajar berisikan pernyataan-pernyataan mengenai kemandirian belajar. Tes terlebih dahulu diujicobakan kepada siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Bandung Barat. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan bantuan SPSS 17.0 For Windows. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian normalitas, homogenitas, uji-t, uji pearson correlation, dan uji regresion. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang mendapatkan metode inkuiri lebih baik dari pada siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan metode inkuiri lebih baik dari pada siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori; 3)Kemandirian belajar siswa yang mendapatkan metode inkuiri lebih baik dari pada siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori; 4) Terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh metode inkuiri dengan pendekatan saintifik; 5) Terdapat pengaruh antara kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap kemandirian belajar; 6)Aktivitas guru dalam menggunakan metode inkuiri mulai terbiasa dari pertemuan ketiga. Aktivitas siswa dalam mengikuti metode inkuiri persentasi aktivitasnya naik dari kriteria kurang baik sampai menjadi sangat baik. Kata kunci: Metode Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 17 Jan 2017 06:53
Last Modified: 17 Jan 2017 06:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14565

Actions (login required)

View Item View Item