PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII SMPN I KARAWANG TIMUR KABUPATEN KARAWANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

EKA HELAHATIN EFFENDI, NPM : 148090009 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII SMPN I KARAWANG TIMUR KABUPATEN KARAWANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Jurnal Eka B indonesia.docx

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri I Karawang Timur. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan pesertadidik dalam memproduksi teks laporan hasil observasi dan kreativitas. Penelitian ini menerapkan model problem based learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Adakah pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa? Tidak terdapat pengaruh secara signifikan penggunaan model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa terlihat nilai koefisisen regresi variabel bernilai positif yaitu 0,229. Apakah pengaruh penggunaan model problem based learning lebih baik daripada penggunaan model konvensional dalam peningkatan kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa? Terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning sebesar 2% dan pembelajaran konvensional 0,6%.Adakah pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan kreativitas dalam memproduksi teks hasil observasi siswa? Tidak terdapat pengaruh secara signifikan penggunaan model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa terlihat dari nilai koefisisen regresi variabel bernilai positif yaitu 0,028. Apakah pengaruh penggunaan model problem based learning lebih baik daripada penggunaan model konvensional dalam peningkatan kreativitas siswa? Terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning sebesar 8,9% dan pembelajaran konvensional sebesar 0,3%. Adakah pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi dan kreativitas siswa? Tidak terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi dan kreativitas siswa. Terlihat dari signifikan hasil analisis multivarite menunjukkan lebih dari 0,05. Berdasarkan data angket, observasi, dan wawancara yang dilakukan peserta didik memberikan respon positif, antusias, aktif, dan kreatif mengikuti pembelajaran. Kata-kata kunci: model problem based learning,teks laporan hasil observasi,kreativitas.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 01 Feb 2017 07:36
Last Modified: 01 Feb 2017 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14553

Actions (login required)

View Item View Item