PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PATTERN GENERALIZATION DAN ABSTRACTION PADA KONSEP COMPUTATIONAL THINKING

CEP SUWANDI MAULANA, 123040101 and Sandhika Galih Amalga, ds and Mellia Liyanthy, Ds (2017) PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PATTERN GENERALIZATION DAN ABSTRACTION PADA KONSEP COMPUTATIONAL THINKING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
1. Cover_dll_123040101.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab1_123040101.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak_123040101.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Computational Thinking (CT) merupakan sebuah pendekatan dalam proses pembelajaran dan berperan penting dalam pengembangan aplikasi komputer serta dapat juga digunakan untuk pendukung pemecahan masalah disemua disiplin ilmu. Dalam CT terdapat 4 kemampuan dasar yang salah satunya adalah Pattern Generalization dan Abstraction. Pattern Generalization dan Abstraction adalah kemampuan untuk menyaring informasi yang tidak perlu untuk menyelesaikan jenis permasalahan tertentu dan menggeneralisasi informasi yang diperlukan. Pattern Generalization dan Abstraction memungkinkan kita untuk merepresentasikan ide atau proses dalam bentuk umum (contoh: variabel), sehingga kita dapat menggunakannya untuk menyelesaikan masalah lainnya yang mirip. Pengajaran Berbantukan Komputer atau disingkat dengan CAI (Computer Assisted Instruction) merupakan pengembangan dari pada teknologi informasi terpadu yaitu komunikasi (interaktif), audio, video, penampilan citra yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia. Pembuatan dilakukan dengan menggunakan metodologi MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang mempunyai tahapan seperti concept, design, material collecting, assambly, testing, dan distribution. Tahapan concept dilakukan untuk mengidentifikasi perkiraan kebutuhan. Tahapan design dilakukan untuk pembuatan desain visual tampilan interface, storyboard, dan struktur navigasi. Tahapan material collecting dilakukan untuk pengumpulan bahan seperti gambar, animasi, audio, dan video. Tahap assambly dilakukan untuk pembuatan ilustarasi, audio, dan video, serta pemrograman. Tahap testing dilakukan untuk memastikan apakah hasilnya seperti yang diinginkan atau tidak. Tahap distribution dilakukan untuk membuat master file, pedoman penggunaan aplikasi, serta dokumentasi sistem. Penelitian ini menghasilkan model media pembelajaran bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun bagi pengguna yang tertarik mendalami dunia pemrograman dan informatika. Media pembelajaran berbasiskan multimedia interaktif yang berlandaskan permasalahan yang merupakan pendekatan yang sangat efektif dan efisien untuk mengajarkan proses belajar yang dilakukan secara interaktif. Kata kunci: computational thinking, pattern generalization and abstraction, computer assisted instruction, multimedia development life cycle

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 16 Jan 2017 11:27
Last Modified: 16 Jan 2017 11:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14546

Actions (login required)

View Item View Item